Utomo, Bagus Imam (2024) Pengaruh Harga dan Kualitas Layanan GoCar terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi pada Masyarakat Kota Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
Teks
S_ES_191410156_Cover.pdf Download (212kB) |
|
Teks
S_ES_191410156_Lampiran Depan.pdf Download (1MB) |
|
Teks
S_ES_191410156_BAB I.pdf Download (373kB) |
|
Teks
S_ES_191410156_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (466kB) |
|
Teks
S_ES_191410156_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (447kB) |
|
Teks
S_ES_191410156_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (497kB) |
|
Teks
S_ES_191410156_BAB V.pdf Download (127kB) |
|
Teks
S_ES_191410156_Daftar Pustaka.pdf Download (271kB) |
Abstrak
Penelitian ini menjelaskan tentang persaingan bisnis dari penyedia jasa layanan transportasi di Indonesia yang berbasis teknologi semakin sulit mencapai keunggulan bersaing yang di tandai dengan berbagai platform seperti GoJek, Maxim, Grab, InDrive, BlueBird, dan sebagainya. Dewasa ini sulitnya keunggulan bersaing dapat di lihat dari performa pengemudi GoCar yang relatif mengalami penurunan orderan, penurunan poin, hingga penurunan pendapatan. Seiring dengan munculnya berbagai platform penyedia jasa transportasi online berbasis teknologi yang baru. Menurunnya performa pengemudi GoCar mengindikasikan rendahnya kepuasan pelanggan terhadap jasa layanan GoCar sehingga konsumen memilih menggunakan platform baru atau yang lain oleh karena itu kepuasan pelanggan sangat penting dalam menjaga masa depan usaha. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1). Bagaimana pengaruh harga terhadap kepuasan pelanggan GoCar pada masyarakat Kota Serang? 2). Bagaimana pengaruh kualitas layanan terhadap layanan GoCar pada masyarakat kota Serang? 3). Bagaimana pengaruh harga dan kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan GoCar pada masyarakat Kota Serang? Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk menganalisis pengaruh harga terhadap kepuasan pelanggan GoCar pada masyarakat Kota Serang. 2) Untuk menganalisis pengaruh kualitas layanan terhadap layanan GoCar pada masyarakat kota Serang. 3) Untuk menganalisis pengaruh harga dan kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan GoCar pada masyarakat Kota Serang. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kuantitatif dengan sumber data yang digunakan adalah data primer. Data yang diperoleh langsung dari objek penelitian yaitu pengguna layanan GoCar dan terdiri dari 100 sampel yang diambil menggunakan teknik non probability sampling yang berupa accidental sampling . Teknik analisis data yang digunakan yaitu regresi linear berganda yang dibantu menggunakan program IBM SPSS 25.0. Hasil penelitian secara parsial menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara harga terhadap kepuasan pelanggan. Hal ini dapat dilihat dari nilai t-hitung 3,228 > t-tabel 1,984 dengan nilai signifikansi 0,002 < 0,5. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan. Hal ini dapat dilihat dari nilai t-hitung 5,761 > t-tabel 1,9784 dengan nilai signifikansi 0,001 < 0,5. Selain itu, berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan secara simultan antara harga dan kualitas layanan terhadap variabel kepuasan pelanggan. Hal ini dapat dilihat dari nilai F-hitung 66,398 > F-tabel 3,09 dengan nilai signifikansi 0,01 < 0,5.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Harga, Kualitas Layanan, Kepuasan Pelanggan |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 330 Ekonomi |
Divisi: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah |
User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
Tanggal Disetorkan: | 25 Nov 2024 09:24 |
Perubahan Terakhir: | 25 Nov 2024 09:24 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/15810 |
Actions (login required)
Lihat Item |