Janiah, Samrotul (2024) Efektifitas Layanan Konseling Individual Dengan Teknik BIblioterapi Untuk Meningkatkan Motivasi Menghafal Al-Qur’an Pada Santriwati (Studi Eksperimen di Pondok Pesantren Al-Hikam Kota Serang-Banten). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_BKI_201520071_COVER.pdf Download (171kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_BKI_201520071_LAMPIRAN DEPAN.pdf Download (775kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_BKI_201520071_BAB I.pdf Download (240kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_BKI_201520071_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (273kB) |
||
Teks
S_BKI_201520071_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (321kB) |
||
Teks
S_BKI_201520071_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (286kB) |
||
|
Teks
S_BKI_201520071_BAB V.pdf Download (146kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_BKI_201520071_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (173kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui hasil penerapan teknik biblioterapi dalam meningkatkan motivasi menghafal Al-Qur’an pada santriwati di Pondok Pesantren Al-Hikam. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan jenis eksperimen one grup prettest-posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Berdasarkan hasil pretest variabel motivasi menghafal Al-Qur’an pada kelompok eksperimen secara rinci diperoleh hasil pretest 5 santriwati pada kelompok ekperimen memiliki motivasi menghafal Al-Qur’an dalam kategori sedang sebanyak 5 orang dengan skor interval antara 75-80. 2) Penerapan teknik biblioterapi dalam meningkatkan motivasi menghafal Al-Qur’an pada santriwati di Pondok Pesantren Al-Hikam dimulai dengan tahapan a) Identifikasi, b) Membaca literatur c) Tahap mempresentasikan buku d) Tahap eksplorasi diri. 3. Kondisi motivasi menghafal Al-Qur’an santriwati di Pondok Pesantren Al-Hikam setelah mendapatkan layanan konseling individual dengan teknik bilioterapi diketahui bahwa diperoleh hasil posttest sebanyak 5 santriwati pada kelompok eksperimen yang memiliki motivasi menghafal Al-Qur’an dalam kategori sedang mengalami peningkatan dengan skor interval antara 83-90. 4. Hasil penerapan teknik biblioterapi dalam meningkatkan motivasi menghafal Al-Qur’an pada santriwati Al-Hikam dengan rata-rata skor hasil pretest 77 dan posttest sebesar 87. Dasar pengambilan uji test menggunakan uji wilcoxon terdapat perbedaan yang dapat diketahui sebelum dan sesudah pemberian layananpada santriwati dengan nilai Asymp Sig (2- tailed) karena nilai 0,043 lebih kecil dari <0.05, maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Menghafal Al-Qur’an, Santriwati, Teknik Biblioterapi. |
Subjek: | 100 Filsafat & Psikologi > 150 Psikologi > 152 Persepsi, gerakan, emosi & drive |
Divisi: | Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam |
User Penyetor: | S.E. Amelia Nurazizah Wijaya |
Tanggal Disetorkan: | 22 Nov 2024 07:45 |
Perubahan Terakhir: | 22 Nov 2024 07:45 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/15792 |
Actions (login required)
Lihat Item |