Pengembangan Media Flashcard Isyarat Hijaiyah Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Al-Qur’an Siswa Tunarungu Jenjang SDLB Di Banten.

Purwanti, Dewi (2024) Pengembangan Media Flashcard Isyarat Hijaiyah Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Al-Qur’an Siswa Tunarungu Jenjang SDLB Di Banten. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_201240069_COVER.pdf

Download (147kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_201240069_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (513kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_201240069_BAB I.pdf

Download (190kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PGMI_201240069_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (211kB)
[img] Teks
S_PGMI_201240069_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (346kB)
[img] Teks
S_PGMI_201240069_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (904kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_201240069_BAB V.pdf

Download (83kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_201240069_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (155kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan produk media Flashcard Isyarat Hijaiyah untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan Al-Qur’an siswa tunarungu serta mengetahui kelayakan dari para ahli media pembelajaran. Penelitian ini dilakukan di Kelas Tunarungu SKh Mathla’ul Anwar Menes jenjang SDLB yang melibatkan 7 siswa tunarungu dan seorang pendidik. Metode yang digunakan yaitu metode penelitian pengembangan atau research and development (R&D) dengan model penelitian ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu, analysis, desain, development, implementation, dan evaluation. Instrumen yang digunakan yaitu observasi, wawancara, angket, dan tes. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dikategorikan menjadi data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari guru kelas dan siswa tunarungu sementara data sekunder diperoleh dari para ahli media, ahli bahasa dan ahli materi pembelajaran. Hasil penilaian kelayakan yang didapatkan dari validator ahli media memperoleh persentase 92% “Sangat Layak”, ahli materi memperoleh persentase 88% “Sangat Layak” dan ahli bahasa memperoleh persentase 96% “Sangat Layak”. Hasil uji coba kepada siswa tunarungu untuk mengetahui keefektifan media yang dikembangkan melalui pretest dan posttest mendapatkan skor n-gain 0,79 “Tinggi” dengan persentase 79% “Efektif”. Berdasarkan hasil penilaian tersebut dapat disimpulkan bahwa media Flashcard Isyarat Hijaiyah untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan Al-Qur’an layak dan efektif digunakan sebagai media pembelajaran bagi siswa tunarungu jenjang SDLB di SKh Mathla’ul Anwar Menes.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Media Pembelajaran, Flashcard, Membaca Permulaan Al-Qur’an, Tunarungu.
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus > 371.4 Bimbingan Siswa dan Penyuluhan, Konseling Sekolah
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: S.E. Amelia Nurazizah Wijaya
Tanggal Disetorkan: 20 Nov 2024 03:38
Perubahan Terakhir: 20 Nov 2024 03:38
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/15773

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.