Pengembangan Media Pop Up Book Berbasis Budaya Lokal pada Pembelajaran IPAS Untuk Siswa SD/MI

Mudzaifah, Hesti (2024) Pengembangan Media Pop Up Book Berbasis Budaya Lokal pada Pembelajaran IPAS Untuk Siswa SD/MI. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_201240042_COVER.pdf

Download (20kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_201240042_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (990kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_201240042_BAB I.pdf

Download (148kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PGMI_201240042_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (214kB)
[img] Teks
S_PGMI_201240042_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (243kB)
[img] Teks
S_PGMI_201240042_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (569kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_201240042_BAB V.pdf

Download (65kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_201240042_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (133kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Latar belakang penelitian ini adalah belum adanya pemanfaatan budaya lokal pada pembelajaran IPAS. Selain itu kurangnya minat membaca siswa terutama pada pembelajaran IPAS sehingga menyebabkan hasil belajar yang belum memuaskan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui prosedur pengembangan media pop up book berbasis budaya lokal serta untuk menguji kelayakan dan keefektifan media tersebut dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPAS kelas IV SD/MI. Metode penelitian ini adalah research and development (R&D) menggunakan model 4D dari Thiagaradjan (define, design, develop, disseminate). Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah berdasarkan hasil uji validasi memperoleh hasil 86%. Sesuai ketentuan IRR dengan minimal 80% maka artinya media pop up book dapat dikatakan layak untuk dipergunakan. Kemudian berdasarkan hasil efektifitas menggunakan data pretest dan postest melalui perhitungan uji hipotesis menggunakan dependen samples t-test memperoleh hasil bahwa nilai posttest lebih besar dibandingkan nilai pretest. Dengan ini dapat dikategorikan bahwa media pop up book efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPAS untuk siswa SD/MI

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Media pop up book berbasis budaya lokal, hasil belajar, pembelajaran IPAS
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: S.E. Amelia Nurazizah Wijaya
Tanggal Disetorkan: 07 Nov 2024 04:45
Perubahan Terakhir: 07 Nov 2024 04:45
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/15654

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.