Fauziyah, Hasna Dwi (2024) Implementasi Pembelajaran Al-Qur’an Dengan Metode Ummi Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an pada Anak Usia Dini di TPQ Tarbiyatul Qur’an Al-Fikri Kota Serang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PIAUD_181260048_COVER.pdf Download (144kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PIAUD_181260048_LAMPIRAN DEPAN.pdf Download (652kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PIAUD_181260048_BAB I.pdf Download (535kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PIAUD_181260048_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (836kB) |
||
Teks
S_PIAUD_181260048_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (733kB) |
||
Teks
S_PIAUD_181260048_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (848kB) |
||
|
Teks
S_PIAUD_181260048_BAB V.pdf Download (304kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PIAUD_181260048_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (309kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi terkait implementasi pembelajaran Al-Qur’an dengan Metode Ummi, faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an pada anak usia dini serta keunggulan-keunggulan pada metode Ummi melalui kegiatan pembelajaran Al-Qur’an di TPQ Tarbiyatul Qur’an Al-Fikri kota Serang. Latar belakang penelitian ini adalah menganalisis implementasi pembelajaran Al-Qur’an dengan metode Ummi untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an pada anak usia dini. Metode yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah Metode Analisis Deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pihak-pihak yang ikut terlibat dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an adalah guru di lembaga dan orangtua di rumah. Data dianalisis melalui tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) implementasi pembelajaran Al-Qur’an dengan metode Ummi di TPQ Tarbiyatul Qur’an Al-Fikri sudah berjalan dengan baik dan sesuai dengan ketetapan Ummi Foundation, , namun ada beberapa standar sistem yang ditetapkan oleh Ummi Foundation belum bisa terlaksana secara sempurna di TPQ Tarbiyatul Qur’an Al-Fikri seperti, hanya diterapkannya model pembelajaran privat/individual pada proses pembelajarannya, dikarenakan antara jumlah guru dan murid yang tidak proporsional dan juga sarana ruang belajar yang terbatas serta waktu yang terbatas juga, hal ini mengakibatkan kurang maksimalnya pembelajaran metode Ummi di TPQ Tarbiyatul Qur’an Al-Fikri. 2) Faktor pendukung yaitu guru yang bersertifikat Ummi, model pembelajaran yang baik dan minat motivasi santri, sedangkan penghambat yaitu sarana prasarana yang kurang memadai, waktu pelaksanaan pembelajaran yang kurang, perasaan anak yang sensitif dan kurang maksimalnya absen kehadiran santri. 3) Keunggulan-keunggulan metode Ummi yaitu materi yang mudah dipahami, pembelajaran yang menyenangkan dan sistem yang mengutamakan mutu.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Implementasi pembelajaran Al-Qur’an, Metode Ummi, Anak Usia Dini |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
User Penyetor: | S.E. Amelia Nurazizah Wijaya |
Tanggal Disetorkan: | 25 Okt 2024 07:57 |
Perubahan Terakhir: | 25 Okt 2024 07:57 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/15565 |
Actions (login required)
Lihat Item |