Penerapan Metode Bandongan untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran Siswa pada Mata Pelajaran PAI Kelas XI di SMKN 3 Kota Serang

Andriansyah, Jidan (2024) Penerapan Metode Bandongan untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran Siswa pada Mata Pelajaran PAI Kelas XI di SMKN 3 Kota Serang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_201210113_Cover.pdf

Download (50kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_201210113_Lampiran Depan.pdf

Download (715kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_201210113_BAB I.pdf

Download (237kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PAI_201210113_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (549kB)
[img] Teks
S_PAI_201210113_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (208kB)
[img] Teks
S_PAI_201210113_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (431kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_201210113_BAB V.pdf

Download (127kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_201210113_Daftar Pustaka.pdf

Download (171kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi bagaimana penerapan metode bandongan untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Quran siswa pada mata pelajaran PAI kelas XI di SMKN 3 Kota Serang. Penelitian ini berjenis kualitatif yang mengambil data deskriptif melalui wawancara langsung dengan guru Pendidikan Agama Islam dan beberapa peserta didik kelas XI didukung dari hasil pengamatan observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data, peneliti menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode bandongan memberikan solusi terhadap kemampuan siswa yang belum mampu membaca Al-Quran dengan baik. Penerapan metode bandongan yaitu dengan bandongan bersama guru, mengulang pembelajaran secara bersama-sama dan waktu pelaksanaan penerapan metode bandongan. Selain itu ditemukan juga kemampuan membaca Al-Quran siswa memperoleh deskripsi bahwa siswa dapat mengetahui materi sesuai dengan ketepatan tajwid, makhorijul huruf dan kefasihan. Juga diperoleh adanya faktor pendukung: pengayaan bahan ajar seperti Al-Quran dan buku tajwid, serta sarana prasarana seperti mushola sebagai pusat kegiatan pembelajaran Al-Quran siswa. Ditemukan juga faktor penghambat: kurangnya pembelajaran Al-Quran di daerah rumah peserta didik dan adanya rasa malas siswa sehingga mempengaruhi kemampuan membaca Al-Quran siswa sesuai kaidah tajwidnya.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Metode Bandongan, Kemampuan Membaca, Al-Quran
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.24 Akademi, Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 14 Okt 2024 02:40
Perubahan Terakhir: 14 Okt 2024 02:40
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/15474

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.