Andriansyah, Jidan (2024) Penerapan Metode Bandongan untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran Siswa pada Mata Pelajaran PAI Kelas XI di SMKN 3 Kota Serang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PAI_201210113_Cover.pdf Download (50kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_201210113_Lampiran Depan.pdf Download (715kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_201210113_BAB I.pdf Download (237kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PAI_201210113_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (549kB) |
||
Teks
S_PAI_201210113_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (208kB) |
||
Teks
S_PAI_201210113_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (431kB) |
||
|
Teks
S_PAI_201210113_BAB V.pdf Download (127kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_201210113_Daftar Pustaka.pdf Download (171kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi bagaimana penerapan metode bandongan untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Quran siswa pada mata pelajaran PAI kelas XI di SMKN 3 Kota Serang. Penelitian ini berjenis kualitatif yang mengambil data deskriptif melalui wawancara langsung dengan guru Pendidikan Agama Islam dan beberapa peserta didik kelas XI didukung dari hasil pengamatan observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data, peneliti menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode bandongan memberikan solusi terhadap kemampuan siswa yang belum mampu membaca Al-Quran dengan baik. Penerapan metode bandongan yaitu dengan bandongan bersama guru, mengulang pembelajaran secara bersama-sama dan waktu pelaksanaan penerapan metode bandongan. Selain itu ditemukan juga kemampuan membaca Al-Quran siswa memperoleh deskripsi bahwa siswa dapat mengetahui materi sesuai dengan ketepatan tajwid, makhorijul huruf dan kefasihan. Juga diperoleh adanya faktor pendukung: pengayaan bahan ajar seperti Al-Quran dan buku tajwid, serta sarana prasarana seperti mushola sebagai pusat kegiatan pembelajaran Al-Quran siswa. Ditemukan juga faktor penghambat: kurangnya pembelajaran Al-Quran di daerah rumah peserta didik dan adanya rasa malas siswa sehingga mempengaruhi kemampuan membaca Al-Quran siswa sesuai kaidah tajwidnya.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Metode Bandongan, Kemampuan Membaca, Al-Quran |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.24 Akademi, Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
Tanggal Disetorkan: | 14 Okt 2024 02:40 |
Perubahan Terakhir: | 14 Okt 2024 02:40 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/15474 |
Actions (login required)
Lihat Item |