Azam, Muhammad Abdullah Aliyya (2024) Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Hitung Waris dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata pelajaran Fiqih di MAN 10 Jakarta Barat. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PAI_181210184_Cover.pdf Download (193kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_181210184_Lampiran Depan.pdf Download (560kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_181210184_Bab I.pdf Download (407kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PAI_181210184_Bab II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (579kB) |
||
Teks
S_PAI_181210184_Bab III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (643kB) |
||
Teks
S_PAI_181210184_Bab IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (885kB) |
||
|
Teks
S_PAI_181210184_Bab V.pdf Download (190kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_181210184_Daftar Pustaka.pdf Download (407kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui besar tingkat efektivitas penggunaan media pembelajaran berbasis aplikasi hitung waris pada mata pelajaran serta 2) mengetahui besar tingkat efektivitas penggunaan media pembelajaran berbasis aplikasi hitung waris dalam meningkatkan hasil belajar fiqih, 3) untuk mengetahui ada tidaknya kontribusi media pembelajaran aplikasi hitung waris terhadap hasil belajar fiqih di MAN 10 Joglo Jakarta Barat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah Quasy Experimental Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa yang ada di MAN 10 Joglo Jakarta Barat, dengan sampel berjumlah 63 responden. Instrumen penelitian ini menggunakan soal pilihan ganda. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif dan penggunaan aplikasi IBM SPSS Statistik V 26. Berdasarkan analisis hasil penelitian dan pembahasan dari data penelitian diperoleh hasil; pertama, media pembelajaran aplikasi hitung waris pada fiqih di Madrasah Aliyah Negeri 10 Joglo Jakarta dikategorikan efektif dengan persentase 90% nilai ini didapat dari hasil perhitungan Effect Size; kedua, efektivitas penggunaan media pembelajaran berbasis aplikasi hitung waris dalam meningkatkan hasil belajar fiqih dapat disebut sangat efektiv ini didasari dengan temuan dari nilai rata-rata posttest kelas eksperimen yang menggunakan media pembelajaran berbasis aplikasi hitung waris lebih besar jika dibandingkan dengan nilai rata-rata posttest kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional, dimana nilai rata-rata postest kelas eksperimen sebesar 83,63 sedangkan nilai rata-rata postest kelas kontrol sebesar 79,48; ketiga, terdapat kontribusi efektivitas media pembelajaran aplikasi hitung waris terhadap hasil belajar fiqih hasil ini didapat dari hasil belajar nilai rata-rata pretest dan postest kelas eksperimen meningkat signifikan jika dibandingkan dengan rata-rata pretest dan postest kelas kotrol, dimana nilai pretest kelas eksperimen 57,38 mejadi 83.63 pada saat postest pada kelas eksperimen sedangkan pada nilai pretest kelas kontrol 67.35 mejadi 79.48 saat postest pada kelas kontrol.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Efektivitas, Media Pembelajaran, Hasil Belajar |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar > 371.36 Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat |
Tanggal Disetorkan: | 20 Sep 2024 03:55 |
Perubahan Terakhir: | 20 Sep 2024 03:55 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/15292 |
Actions (login required)
Lihat Item |