مأساة فلسطينين في الشعر أغنية إلى الريح الشمالية لمحمود درويش (دراسة سيمائية لريفاتير)

Astuti, Silfia Puji (2024) مأساة فلسطينين في الشعر أغنية إلى الريح الشمالية لمحمود درويش (دراسة سيمائية لريفاتير). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_BSA_201360002_Cover.pdf

Download (139kB)
[img] Teks
S_BSA_201360002_Lampiran Depan.pdf

Download (522kB)
[img] Teks
S_BSA_201360002_BAB I.pdf

Download (684kB)
[img] Teks
S_BSA_201360002_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (533kB)
[img] Teks
S_BSA_201360002_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (462kB)
[img] Teks
S_BSA_201360002_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (1MB)
[img] Teks
S_BSA_201360002_BAB V.pdf

Download (319kB)
[img] Teks
S_BSA_201360002_Daftar Pustaka.pdf

Download (419kB)

Abstrak

Puisi āghniyah ilā ar-rīḥ ash-Shamāliyyah li-Maḥmūd Darwīsh mengekspresikan secara mendalam emosi penulis yang mencerminkan perjuangan, kehilangan, kerinduan dan harapan terhadap bangsanya. Namun, tidak semua pembaca mampu memahami makna yang tersirat dalam puisi tersebut. Oleh karena itu, teori Riffaterre dipilih sebagai pendekatan dalam penelitian ini karena kompleksitas dan rinciannya dalam menganalisis makna puisi, yang memungkinkan pemahaman yang mendalam dan komprehensif terhadap aspek-aspek tersembunyi dalam teks. Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian adalah (1.) Bagaimana analisis semiotika Riffaterre dalam puisi āghniyah ilā ar-rīḥ ash-Shamāliyyah li-Maḥmūd Darwīsh? (2.) Bagaimana makna yang terkandung dalam puisi āghniyah ilā ar-rīḥ ash-Shamāliyyah li-Maḥmūd Darwīsh?. Penelitian ini bertujuan untuk Menjelaskan makna yang terkandung dalam puisi āghniyah ilā ar-rīḥ ash-Shamāliyyah li-Maḥmūd Darwīsh dan menjelaskan secara rinci analisis semiotika Riffaterre yang terdapat dalam puisi āghniyah ilā ar-rīḥ ash-Shamāliyyah li-Maḥmūd Darwīsh. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, terlihat bahwa pembacaan Heuristik pada puisi ini mempunyai makna dasar yang tidak dapat dipahami tanpa adanya tahap penafsiran. Kalimat “Wa yadān Yā bustān Kāldiflī” mengandung makna yang tidak konsisten sehingga memerlukan penafsiran dari kehilangan dan kerapuhan yang diinginkan penulis. Dalam puisi āghniyah ilā ar-rīḥ ash-Shamāliyyah li-Maḥmūd Darwīsh, Matriks mencerminkan tema perjuangan dan kerinduan akan tanah air. Modelnya ada pada baris 1, 6, 10 dan Varian puisi menggambarkan pengalaman pribadi yang menyakitkan, seperti pada baris “Wa nawāfiḏ fī ar-rīḥ taksiru jabhatī”. Hipogram Potensial mengungkapkan rasa rindu akan kampung halamannya hal ini terlihat pada kata “Qubalu mujaffafatun” dan “Dāri ba‘iydah”. Hipogram Aktual menggunakan ayat suci Al-Qur'an dan kata-kata mutiara, seperti dalam surah: (Al-Anbiya: 107). Dapat disimpulkan bahwa, dalam puisi ini Mahmoud Darwish mengungkapkan perasaannya melalui simbol dan metafora yang penuh makna, mencerminkan kesedihan dan ketidakpuasan yang mendalam terhadap situasi yang tidak adil.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Puisi, Semiotika Riffaterre, Mahmoud Darwish
Subjek: 800 Sastra, Retorika & Kritik > 890 lainnya literatur > 892 Afro-Asiatic literatures; Semitic literatures
Divisi: Fakultas Ushuluddin dan Adab > Bahasa dan Sastra Arab
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 23 Jul 2024 08:51
Perubahan Terakhir: 23 Jul 2024 08:52
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14951

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.