Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis KOTASU untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas VI Materi Sistem Tata Surya di SD/MI

Putri, Yolanda (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis KOTASU untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas VI Materi Sistem Tata Surya di SD/MI. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PGMI_201240010_Cover.pdf

Download (194kB)
[img] Teks
S_PGMI_201240010_Lampiran Depan.pdf

Download (888kB)
[img] Teks
S_PGMI_201240010_Bab I.pdf

Download (221kB)
[img] Teks
S_PGMI_201240010_Bab II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (333kB)
[img] Teks
S_PGMI_201240010_Bab III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (357kB)
[img] Teks
S_PGMI_201240010_Bab IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (776kB)
[img] Teks
S_PGMI_201240010_Bab V.pdf

Download (111kB)
[img] Teks
S_PGMI_201240010_Daftar Pustaka.pdf

Download (181kB)

Abstrak

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa serta hasil belajar yang masih di bawah KKM, salah satunya pada pembelajaran IPA materi sistem tata surya. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor salah satunya keberadaan media yang sangat terbatas,serta kesulitan guru untuk menentukan media yang sesuai dengan karakteristik siswa. Tujuan penelitian ini: 1) untuk mengetahui prosedur pengembangan media pembelajaran berbasis KOTASU untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas VI materi sistem tata surya di SD/MI. 2) untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis KOTASU untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas VI materi sistem tata surya di SD/MI. 3) untuk mengetahui efektivitas media pembelajaran berbasis KOTASU untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas VI materi sistem tata surya di SD/MI. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang terdiri atas lima tahapan, yaitu: analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation) dan evaluasi (evaluation). Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, rubrik penilaian ahli media, materi, bahasa dan respon peserta didik, lembar soal pre-test dan post-test berbentuk essay. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif berupa tanggapan atau komentar dari validator dan analisis kuantitatif berupa analisis kelayakan produk serta analisis hasil belajar. Produk diuji cobakan pada kelas VI di SDN Neglasari dengan jumlah siswa sebanyak 43 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penelitian dan pengembangan pada penelitian ini menggunakan metode Reserch dan Development (R&D) dengan model ADDIE, dimana peneliti membuat hasil ini berdasarkan prosedur analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation) dan evaluasi (evaluation). 2) berdasarkan hasil validasi para ahli terhadap pengembangan media KOTASU memperoleh skor rata-rata 4,4 oleh ahli media, dengan rata-rata skor 4,6 oleh ahli materi, dengan rata-rata skor 4,75 oleh ahli bahasa dan skor seluruh respon peserta didik sebesar 93,1% dengan kategori “Sangat Valid”. 3) Serta berdasarkan hasil pre-test dan post-test dengan menggunakan rumus uji N-Gain memperoleh hasil rata-rata 0,75 dengan kategori “Tinggi”. Maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran KOTASU sangat layak dan efektif digunakan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): berpikir kritis, media pembelajaran KOTASU, sistem tata surya
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar > 371.36 Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 23 Jul 2024 07:08
Perubahan Terakhir: 23 Jul 2024 07:28
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14946

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.