Konsep Keluarga Sakinah Menurut dr. Aisah Dahlan dan Relevansinya di Era Digital

Putri, Silvi Kurnia (2024) Konsep Keluarga Sakinah Menurut dr. Aisah Dahlan dan Relevansinya di Era Digital. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_HKI_201110115_COVER.pdf

Download (142kB)
[img] Teks
S_HKI_201110115_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (462kB)
[img] Teks
S_HKI_201110115_BAB I.pdf

Download (400kB)
[img] Teks
S_HKI_201110115_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (439kB)
[img] Teks
S_HKI_201110115_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (249kB)
[img] Teks
S_HKI_201110115_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (287kB)
[img] Teks
S_HKI_201110115_BAB V.pdf

Download (151kB)
[img] Teks
S_HKI_201110115_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (204kB)

Abstrak

Keluarga merupakan organisasi terkecil dalam kehidupan. Akan tetapi, keluarga mempunyai peran yang sangat besar dalam pembentukan karakter. Akan tetapi beberapa tahun terakhir kasus perceraian banyak terjadi, baik dari pernikahan yang sudah berumur lama, maupun yang masih baru. Kasus yang banyak terjadi perceraian sebabnya adalah ketidak pahaman dan kurangnya ilmu yang mumpuni. Dokter Aisah Dahlan, seorang ahli dalam bidang keluarga dan kesehatan mental, menawarkan konsep keluarga sakinah yang menekankan pada nilai-nilai spiritual dan emosional yang kuat. Dalam pandangan dr. Aisah, keluarga sakinah tidak hanya dilihat dari aspek material, tetapi juga dari kesejahteraan psikologis dan spiritual yang harmonis. Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalah penelitian ini adalah 1. Apa faktor penyebab ketidakharmonisan dalam rumah tangga menurut dr. Aisah Dahlan, di Era digital. 2.Bagaimana konsep keluarga sakinah menurut dr. Aisah Dahlan? Tujuan penelitiannya adalah 1. Untuk mengetahui faktor penyebab ketidakharmonisan dalam rumah tangga menurut dr. Aisah Dahlan, di Era digital. 2. Untuk mengetahui konsep keluarga sakinah menurut dr. Aisah Dahlan. Penelitian yang penulis lakukan merupakan jenis penelitian studi kepustakaan (library research) dengan pendekatan kualitatif. Sumber data primer penelitian ini adalah Observasi video kajian dr. Aisah Dahlan dan buku karya dr. Aisah Dahlan yang berjudul „‟maukah jadi orangtua bahagia?‟‟. Teknik pengumpulan data yaitu menelaah dan observasi. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis menggunakan analisis model interaktif. Dan menghasilkan data secara deskriptif dengan apa yang ada dalam video kajian dr. Aisah Dahlan dan dalam bukunya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan: 1. Ketidakharmonisan dalam rumah tangga disebabkan oleh beberapa faktor, termasuk konflik akibat perbedaan struktur otak antara laki-laki dan perempuan, watak, usia, pola pikir, budaya, pola asuh, dan pengendalian diri. dr. Aisah Dahlan menekankan pentingnya pemahaman, pengertian, dan kompromi sebagai kunci untuk menciptakan keharmonisan. Hal ini sejalan dengan konsep keluarga sakinah dalam hukum Islam. 2. Konsep keluarga sakinah menekankan pemahaman terhadap perbedaan otak antara laki-laki dan perempuan, kebutuhan seks, watak, dan bahasa kasih, sebagai langkah untuk meningkatkan kualitas hubungan keluarga. Penerapan konsep ini diharapkan membantu membentuk hubungan keluarga yang sakinah mawaddah warahmah.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): konsep keluarga sakinah, dr. Aisah Dahlan, relevansi di era digital
Subjek: 2x4 Fiqh > 2x4.3 Hukum Perkawinan / Munakahat > 2x4.31 Nikah
Divisi: Fakultas Syari'ah > Hukum Keluarga Islam
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 17 Jul 2024 08:11
Perubahan Terakhir: 17 Jul 2024 08:11
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14890

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.