Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Aplikasi Kahoot Dalam Pembelajaran Agama Islam Terhadap Hasil Belajar Siswa (Studi Kelas X SMK Al Falah Madani Kota Serang)

Wahyudin, Arif (2024) Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Aplikasi Kahoot Dalam Pembelajaran Agama Islam Terhadap Hasil Belajar Siswa (Studi Kelas X SMK Al Falah Madani Kota Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PAI_181210180_COVER.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (13kB)
[img] Teks
S_PAI_181210180_LAMPIRAN DEPAN.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (474kB)
[img] Teks
S_PAI_181210180_BAB I.pdf

Download (159kB)
[img] Teks
S_PAI_181210180_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (282kB)
[img] Teks
S_PAI_181210180_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (266kB)
[img] Teks
S_PAI_181210180_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (433kB)
[img] Teks
S_PAI_181210180_BAB V.pdf

Download (81kB)
[img] Teks
S_PAI_181210180_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (146kB)

Abstrak

Efektifitas pembelajaran adalah suatu hal yang sangat penting untuk mencapai tujuan pembelajaran. Di zaman serba canggih ini masih ada pendidik yang belum menguasai teknologi untuk di implementasikan ke proses pembelajaran. Akibatnya peserta didik merasa bosan dan efektifitas pembelajaran tidak tercapai. Kahoot hadir sebagai aplikasi pembelajaran untuk menumbuhkan motifasi dan semangat belajar peserta didik untuk menciptakan kondisi kelas yang kondusif demi tercapainya efektifitas pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis metode penelitian yang digunakan adalah quasy eksperimental desain. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Al Falah Madani Kota Serang yang berjumlah sekitar 91 siswa. Sedangkan sampel pada penelitian ini ada dua kelas yaitu kelas X Akuntansi sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 28 siswa dan siswa kelas X Multimedia sebagai kelas kontrol yang berjumlah 27 siswa sehingga total seluruh sampel pada penelitian ini adalah berjumlah 55 siswa. Teknik pengambilan sampel penelitian dengan cara menguji pada 3 kelas X, yaitu kelas X Akuntansi, kelas X Multimedia dan kelas X Teknik dan Bisnis Sepeda Motor. Kelas yang paling rendah mendapatkan nilai pada tes maka akan menjadi kelas eksperimen dan kelas yang menjadi kelas kontrol ialah kelas yang memperoleh nilai tertinggi dari 3 kelas yang dijadikan sampel. Hasil pengujian uji hipotesis uji-t terhadap nilai posttest dari kedua kelompok menunjukan bahwa bahwa nilai sign = 0,200 > α = 0,05, maka H0 ditolak, dan Ha diterima., yaitu terdapat pengaruh dalam Penggunaan Media Pembelajaran Aplikasi Kahoot Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap hasil belajar siswa pada kelas X di SMK Al-Falah Madani Kota Serang. Hal ini juga diperkuat dengan uji effect size, berdasarkan uji effect size menghasilkan data persentase pengaruh dalam Penggunaan Media Pembelajaran Aplikasi Kahoot Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap hasil belajar siswa pada kelas X di SMK Al-Falah Madani Kota Serang. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa berdasarkan data yang di olah, dianalisis, dan diinterpresentasikan maka dapat disimpulkan bahwa ada perubahan yang signifikan pada hasil belajar siswa dengan menggunakan metode media pembelajaran aplikasi Kahoot

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Efektivitas, Aplikasi Kahoot, Hasil Belajar
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: S.E. Amelia Nurazizah Wijaya
Tanggal Disetorkan: 16 Jul 2024 03:47
Perubahan Terakhir: 16 Jul 2024 03:47
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14868

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.