Idris, Muhammad (2024) Manajemen Pembelajaran Kontekstual dalam Menanamkan Nilai-nilai Kewirausahaan pada Peserta Didik di SMAN 1 Cikande. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_MPI_181250037_COVER.pdf Download (51kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_MPI_181250037_LAMPIRAN DEPAN.pdf Download (575kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_MPI_181250037_BAB I.pdf Download (451kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_MPI_181250037_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (577kB) |
||
Teks
S_MPI_181250037_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (292kB) |
||
Teks
S_MPI_181250037_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (399kB) |
||
|
Teks
S_MPI_181250037_BAB V.pdf Download (233kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_MPI_181250037_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (156kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui manajemen pembelajaran kontekstual di SMA N 1 Cikande. (2) Untuk mengetahui nilai-nilai kewirausahaan pada peserta didik di SMA N 1 Cikande. (3) Mengetahui bagaiamana pembelajaran kontekstual dalam menanamkan nilai-nilai kewirausahaan pada peserta didik di SMA N 1 Cikande. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Ada beberapa metode pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan Verfikasi data atau Penarikan kesimpulan. Informan penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Wakil Kepala Kurikulum, Tenaga Pendidik mata pelajaran Kewirausahaan, dan dua orang siswa siswi. Hasil penelitian ini mengungkapkan beberapa hal penting diantaranya; (1) Manajemen pembelajaran yang dilaksanakan di lembaga pendidikan ini sudah berjalan secara sistematis dengan mengacu pada prinsip manajemen yang terdiri dari perencanaan, pengkoordinasian, pelaksanaan, dan pengawasan. Pembuatan perencanaan pembelajaran pada pelajaran kewirausahaan harus relevan dengan evaluasi tahun ajaran sebelumnya, tujuan, visi dan misi sekolah. Kepala sekolah beserta tim nya pun ikut berkontribusi dalam perencanaan pembelajaran (2) Kegiatan belajar mengajar di SMA N 1 Cikande menggunakan metode pembelajaran kontekstual karena dinilai sangat efektif dalam menanamkan nilai-nilai kewirausahaan.peserta didik yang kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran diberikan perhatian khusus sehingga penanaman nilai-nilai kewiruasahaan dapat tumbuh dengan baik. Beberapa peserta didik pun sudah memiliki usaha sendiri yang didukung oleh keluarganya. (3) Peserta didik mendapatkan pembelajaran yang relevan dengan perkembangan zaman saat ini yang berorientasikan pada nilai-nilai kewirausahaan dan diiringi oleh kegiatan penunjang kewirausahaan. Seluruh materi yang diajarkan di dalam kelas akan diimplementasikan, seperti budidaya ikan konsumsi, tata boga, pengolahan limbah kain serta kegiatan penunjang seperti expo kewirausahaan.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Manajemen, Pembelajaran Kontekstual, Nilai-nilai |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
User Penyetor: | S.E. Amelia Nurazizah Wijaya |
Tanggal Disetorkan: | 08 Jul 2024 08:29 |
Perubahan Terakhir: | 09 Jul 2024 02:02 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14830 |
Actions (login required)
Lihat Item |