Pengembangan LKPD Berbasis Auditory Intellectually Repetition (Air) Untuk Meningkatkan Keterlampiran Berpikir Tingkat Tinggi Pada Pembelajaran IPA (R&D di Kelas VI SDN Cimuncang Cilik Kota Serang)

Nandini, Yusmia (2024) Pengembangan LKPD Berbasis Auditory Intellectually Repetition (Air) Untuk Meningkatkan Keterlampiran Berpikir Tingkat Tinggi Pada Pembelajaran IPA (R&D di Kelas VI SDN Cimuncang Cilik Kota Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PGMI_201240017_Cover.pdf

Download (469kB)
[img] Teks
S_PGMI_201240017_Lampiran Depan.pdf

Download (1MB)
[img] Teks
S_PGMI_201240017_BAB 1.pdf

Download (192kB)
[img] Teks
S_PGMI_201240017_BAB 2.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (579kB)
[img] Teks
S_PGMI_201240017_BAB 3.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (308kB)
[img] Teks
S_PGMI_201240017_BAB 4.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (1MB)
[img] Teks
S_PGMI_201240017_BAB 5.pdf

Download (81kB)
[img] Teks
S_PGMI_201240017_DAFTAR PUSAKA.pdf

Download (195kB)

Abstrak

Pengembangan LKPD Berbasis AIR untuk Menumbuhkan Keterampilan Berpikir tingkat tinggi Siswa. Bahan ajar adalah salah satu komponen penting pada kegiatan pembelajaran. Faktanya, bahan ajar yang ada dan digunakan oleh guru masih belum memenuhi kebutuhan siswa untuk berpikir tingkat tinggi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk dan mendeskripsikan efektifitas LKPD berbasis Auditory Intellectually Repetition (AIR) untuk meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi sebagai bahan ajar pembelajaran materi rangkaian listrik sederhana. LKPD ini dikembangkan sesuai dengan sistematika dan standar kriteria kelayakan dan uji efektifitas media pembelajaran. Penelitian yang dilakukan adalah jenis penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Proses untuk menghasilkan LKPD diawali dengan tahap validasi oleh ahli media, ahli bahasa dan ahli materi. LKPD Berbasis AIR juga diujicobakan ke sekolah untuk mengukur respon peserta didik kelas VI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil validasi akhir dari ahli media dengan persentase sebesar 85% dengan kriteria sangat layak, hasil penilaian oleh ahli materi dengan persentase 94% dengan kriteria sangat layak, hasil penilaian oleh ahli bahasa dengan persentase 98% dengan kriteria sangat layak, hasil penilaian oleh guru kelas VI SD Negeri Cimuncang Cilik dengan presentase 95% dan hasil uji efektifitas 15 orang peserta didik pretest dengan presentase 13,3% dan posttest dengan presentase 86% begitu juga dari hasil perhitungan N-Gain presentase 68% dengan kriteria cukup efektif. Respon peserta didik sebesar 85,6% dengan kriteria sangat efektif maka LKPD Berbasis AIR dinyatakan valid dan praktis untuk digunakan sebagai referensi dalam proses pembelajaran

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Pengembangan, LKPD, Berpikir tingkat tinggi
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: S.E. Amelia Nurazizah Wijaya
Tanggal Disetorkan: 09 Jul 2024 03:26
Perubahan Terakhir: 09 Jul 2024 03:26
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14828

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.