Implementasi Sekolah Ramah Anak di SDIT Alfath Sadarussalam

Haq, Qotrunnida UI (2024) Implementasi Sekolah Ramah Anak di SDIT Alfath Sadarussalam. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PGMI_181240129_cover.pdf

Download (9MB)
[img] Teks
S_PGMI_181240129_lampiran depan.pdf

Download (891kB)
[img] Teks
S_PGMI_181240129_bab i.pdf

Download (106kB)
[img] Teks
S_PGMI_181240129_bab ii.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (138kB)
[img] Teks
S_PGMI_181240129_bab iii.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (122kB)
[img] Teks
S_PGMI_181240129_bab iv.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (698kB)
[img] Teks
S_PGMI_181240129_bab v.pdf

Download (85kB)
[img] Teks
S_PGMI_181240129_daftar pustaka.pdf

Download (11kB)

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi Sekolah Ramah Anak di SDIT Alfath Sadarussalam serta faktor pendukung dan penghambat implementasi Sekolah Ramah Anak di SDIT Alfath Sadarussalam.Latar belakang penelitian ini adalah masih banyaknya angka kasus kekerasan terhadap anak yang terjadi di lingkungan pendidikan oleh karena itu pemerintah menurunkan sebuah Kebijakan Sekolah Ramah Anak untuk melindungi anak dari tindakan-tindakan kekerasan di sekolah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru dan peserta didik dengan objek penelitian meliputi Implementasi Sekolah Ramah Anak di SDIT Alfath Sadarussalam. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, verifikasi/penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) kebijakan Sekolah Ramah Anak di SDIT Alfath Sadarussalam tidak sesuai dengan peneliti ada hambatan dalam kebijakan Sekolah Ramah Anak tidak adanya tindak lanjut dari pihak dinas terkait Sekolah Ramah Anak; (2) Pelaksanaan proses pembelajaran yang ramah anak dalam Implementasi Sekolah Ramah Anak di SDIT Alfath Sadarussalam tidak ada hambatan dalam Pelaksanaan proses pembelajaran yang ramah anak; (3) Pendidikan dan tenaga kependidikan terlatih hak-hak anak dan Sekolah Ramah Anak tidak adanya pelatihan secara khusus dari pihak dinas ke sekolah dalam mengimplementasikan Sekolah Ramah Anak; (4) Sarana prasarana dalam mengimplementasikan Sekolah Ramah Anak Di Sdit Alfath Sadarussalam masih kurangnya fasilitas yang memadai dalam kebutuhan anak dalam hal ramah anak; (5) Partisipasi siswa tidak adanya keterlibatan peserta didik secara langsung dalam penataan sekolah akan tetapi jika di dalam kelas peserta didik dilibatkan dalam pembuatan kesepakatan kelas; (6) partisipasi orang tua tidak ada hambatan dalam menjalankan Sekolah Ramah Anak. Faktor pendukung di SDIT Alfath Sadarussalam mengenai Implementasi Sekolah Ramah Anak adalah sikap dan dukungan positif dari pihak yayasan dan kepala sekolah mengenai sekolah ramah anak selain itu lingkungan di sekitar sekolah juga mendukung Sekolah Ramah Anak. Faktor penghambat di SDIT Alfath Sadarussalam mengenai Implementasi Sekolah Ramah Anak adalah ada beberapa sikap guru dan beberapa peserta didik yang belum rensponsif terhadap Sekolah Ramah Anak serta kurangnya fasilitas serta tidak ada tindak lanjut dinas perlindungan anak terhadap sekolah.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Implementasi Sekolah Ramah Anak, SDIT Alfath Sadarussalam
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 01 Jul 2024 07:40
Perubahan Terakhir: 02 Jul 2024 07:04
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14811

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.