Rif’atusyahidah, Rif’atusyahidah (2024) Pengaruh Lingkungan Pendidikan Terhadap Konsentrasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti (Studi di SMPN 7 Kota Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PAI_191210011_Cover.pdf Download (79kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_191210011_Lampian Depan.pdf Download (590kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_191210011_BAB I.pdf Download (194kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PAI_191210011_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (320kB) |
||
Teks
S_PAI_191210011_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (364kB) |
||
Teks
S_PAI_191210011_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (431kB) |
||
|
Teks
S_PAI_191210011_BAB V.pdf Download (88kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_191210011_Daftar Pustaka.pdf Download (170kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui lingkungan pendidikan di SMPN 7 Kota Serang, mengetahui tingkat konsentrasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI dan budi pekerti di SMPN 7 Kota Serang, dan mengetahui adakah pengaruh lingkungan pendidikan terhadap konsentrasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI dan budi pekerti di SMPN 7 Kota Serang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian yang digunakan adalah metode survey. Teknik pengambilan sampel yang digunakan ialah simple random sampling, yaitu sampel dipilih dari populasi secara acak tanpa memperhatikan strata dalam populasi. Dan untuk mengukur besaran sampel yang akan diteliti peneliti menggunakan rumus slovin, maka didapatlah 84 siswa sebagai sampel penelitian. Teknik pengumpulan data yang dilakukan ialah dengan menyebarkan angket. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari hasil pengujian hipotesis dengan menghitung pengaruh antara variabel X terhadap variabel Y, maka diperoleh hasil sebesar 0,445 atau 44,5%, sedangkan sisanya 55,5% dipengaruhi faktor diluar dari lingkungan pendidikan. Sedangkan tingkat hubungan antara variabel X dan variabel Y sebesar 0,667 yang artinya terdapat hubungan yang kuat antara variabel X terhadap variabel Y. Selanjutnya pada uji hipotesis diperoleh nilai = 8,102 dan nilai dengan taraf signifikansi 5% atau 0,05 diperoleh taraf = 1,989. Sehingga nilai 8,102 > 1,989. Maka diterima, sedangkan ditolak. Dengan demikian, dapat digambarkan bahwa hipotesis dalam penelitian menyatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara lingkungan pendidikan dengan konsentrasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI dan budi pekerti.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Lingkungan Pendidikan, Konsentrasi Belajar |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
Tanggal Disetorkan: | 29 Jun 2024 04:31 |
Perubahan Terakhir: | 29 Jun 2024 04:31 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14806 |
Actions (login required)
Lihat Item |