Pengaruh Lingkungan Pendidikan Terhadap Konsentrasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti (Studi di SMPN 7 Kota Serang)

Rif’atusyahidah, Rif’atusyahidah (2024) Pengaruh Lingkungan Pendidikan Terhadap Konsentrasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti (Studi di SMPN 7 Kota Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_191210011_Cover.pdf

Download (79kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_191210011_Lampian Depan.pdf

Download (590kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_191210011_BAB I.pdf

Download (194kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PAI_191210011_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (320kB)
[img] Teks
S_PAI_191210011_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (364kB)
[img] Teks
S_PAI_191210011_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (431kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_191210011_BAB V.pdf

Download (88kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_191210011_Daftar Pustaka.pdf

Download (170kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui lingkungan pendidikan di SMPN 7 Kota Serang, mengetahui tingkat konsentrasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI dan budi pekerti di SMPN 7 Kota Serang, dan mengetahui adakah pengaruh lingkungan pendidikan terhadap konsentrasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI dan budi pekerti di SMPN 7 Kota Serang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian yang digunakan adalah metode survey. Teknik pengambilan sampel yang digunakan ialah simple random sampling, yaitu sampel dipilih dari populasi secara acak tanpa memperhatikan strata dalam populasi. Dan untuk mengukur besaran sampel yang akan diteliti peneliti menggunakan rumus slovin, maka didapatlah 84 siswa sebagai sampel penelitian. Teknik pengumpulan data yang dilakukan ialah dengan menyebarkan angket. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari hasil pengujian hipotesis dengan menghitung pengaruh antara variabel X terhadap variabel Y, maka diperoleh hasil sebesar 0,445 atau 44,5%, sedangkan sisanya 55,5% dipengaruhi faktor diluar dari lingkungan pendidikan. Sedangkan tingkat hubungan antara variabel X dan variabel Y sebesar 0,667 yang artinya terdapat hubungan yang kuat antara variabel X terhadap variabel Y. Selanjutnya pada uji hipotesis diperoleh nilai = 8,102 dan nilai dengan taraf signifikansi 5% atau 0,05 diperoleh taraf = 1,989. Sehingga nilai 8,102 > 1,989. Maka diterima, sedangkan ditolak. Dengan demikian, dapat digambarkan bahwa hipotesis dalam penelitian menyatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara lingkungan pendidikan dengan konsentrasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI dan budi pekerti.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Lingkungan Pendidikan, Konsentrasi Belajar
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 29 Jun 2024 04:31
Perubahan Terakhir: 29 Jun 2024 04:31
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14806

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.