Wahyuni, Sheilla Sofiatul (2024) Pengaruh Keaktifan Peserta Didik dalam Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler ROHIS Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi di SMA Negeri 1 Malingping Kab. Lebak). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PAI_181210007_Cover.pdf Download (44kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_181210007_Lampiran Depan.pdf Download (410kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_181210007_BAB I.pdf Download (176kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PAI_181210007_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (499kB) |
||
Teks
S_PAI_181210007_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (536kB) |
||
Teks
S_PAI_181210007_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (935kB) |
||
|
Teks
S_PAI_181210007_BAB V.pdf Download (212kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_181210007_Daftar Pustaka.pdf Download (223kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Kegiatan ROHIS merupakan salah satu kegiatan ekstrakurikuler yang bertujuan untuk menambah waawasan tentang pemahaman ilmu Agama Islam. Akan tetapi pada pengamatan awal ditemukan masih ada beberapa peserta didik yang mengikuti kegiatan ROHIS yang nilai Pendidikan Agama Islam masih rendah. Maka dari itu, penulis tertarik untuk melakukan penelitian guna mengetahui seberapa besar kontribusi kegiatan ROHIS dalam memperbaiki prestasi belajar peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keaktifan peserta didik dalam mengikuti kegiatan ROHIS, untuk mengetahui prestasi belajar Pendidikan Agama Islam peserta didik, dan untuk mengetahui pengaruh signifikan dari keaktifan peserta didik dalam mengikuti ekstrakurikuler ROHIS terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam. . Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Untuk memperoleh data, fakta dan informasi yang akan menggambarkan dan menjelaskan tentang penelitian ini menggunakan metode pendekatan deskriptif korelasional. Adapun Teknik pengumpulan data yaitu angket dan dokumentasi dengan Teknik analisis deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) keaktifan mengikuti kegiatan ROHIS termasuk kategori cukup dengan angka persentase 74,9%. (2) Prestasi belajar Pendidikan Agama Islam termasuk kategori sangat baik dengan angka persentase 90,7%. (3) terdapat pengaruh yang signifikan antara keaktifan mengikuti kegiatan ROHIS terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Malingping. Nilai ini mengandung arti bahwa pengaruh keaktifan kegiatan rohis (x) terhadap prestasi belajar Pendidikan agama islam (y) sebesar 4,3% sedangkan 95,7% prestasi belajar Pendidikan agama islam di SMA Negeri 1 Malingping dipengaruhi oleh variable lain yang tidak diteliti peneliti. Berdasarkan analisis yang telah diuraikan dalam penelitian ini bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara keaktifan mengikuti kegiatan rohis dengan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Keaktifan Mengikuti Kegiatan ROHIS, Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
Tanggal Disetorkan: | 29 Jun 2024 04:24 |
Perubahan Terakhir: | 29 Jun 2024 04:24 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14805 |
Actions (login required)
Lihat Item |