Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Menggunakan Pendekatan STM (Sains Teknologi Masyarakat)(PTK di Kelas IV SDN Gowok)

Oktaviana, Sella Tri (2024) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Menggunakan Pendekatan STM (Sains Teknologi Masyarakat)(PTK di Kelas IV SDN Gowok). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PGMI_161240027_COVER.pdf

Download (49kB)
[img] Teks
S_PGMI_161240027_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (672kB)
[img] Teks
S_PGMI_161240027_BAB I.pdf

Download (392kB)
[img] Teks
S_PGMI_161240027_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (375kB)
[img] Teks
S_PGMI_161240027_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (407kB)
[img] Teks
S_PGMI_161240027_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (993kB)
[img] Teks
S_PGMI_161240027_BAB V.pdf

Download (193kB)
[img] Teks
S_PGMI_161240027_DAFTAR PUSAKA.pdf

Download (1MB)

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman siswa dengan adanya penyajian IPA secara langsung dalam kehidupan nyata agar siswa tahu bagaimana pemanfaatan sumber daya alam dengan menggunakan teknologi yang berada di masyarakat. Penelitian ini menggunakan model dari Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan Taggart yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan & observasi/pengamatan, dan refleksi. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah : berdasarkan hasil yang diperoleh tentunya dapat dilihat dari hasil nilai Pada pra siklus dengan presentase ketuntasan 30% dan yang tidak tuntas 70%. Kemudian setelah menggunakan pendekatan sains teknologi masyarakat pada siklus I mengalami peningkatan dengan presentase 53% dan tidak tuntas 46%. Kemudian terjadi peningkatan setelah adanya perbaikan pada siklus II dengan presentase ketuntasan 80% dan yang belum tuntas 20%.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Hasil Belajar, Mata Pelajaran IPA, Pendekatan STM
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 28 Jun 2024 08:47
Perubahan Terakhir: 01 Jul 2024 08:09
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14798

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.