Pengaruh Pembelajaran Akidah Akhlak Terhadap Akhlak Siswa Kelas XI IPS MAN 4 Kabupaten Tangerang

Amrullah, Musfik (2024) Pengaruh Pembelajaran Akidah Akhlak Terhadap Akhlak Siswa Kelas XI IPS MAN 4 Kabupaten Tangerang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PAI_191210013_Cover.pdf

Download (188kB)
[img] Teks
S_PAI_191210013_Lampiran Depan.pdf

Download (1MB)
[img] Teks
S_PAI_191210013_Bab I.pdf

Download (427kB)
[img] Teks
S_PAI_191210013_Bab II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (883kB)
[img] Teks
S_PAI_191210013_Bab III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (589kB)
[img] Teks
S_PAI_191210013_Bab IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (644kB)
[img] Teks
S_PAI_191210013_Bab V.pdf

Download (292kB)
[img] Teks
S_PAI_191210013_Daftar Pustaka.pdf

Download (417kB)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran akidah akhlak, mendeskripsikan akhlak siswa dan mendeskripsikan seberapa besar pengaruh pembelajaran akidah akhlak terhadap akhlak siswa kelas XI IPS MAN 4 Kabupaten Tangerang. Adapun manfaat dilakukannya penelitian ini dibagi menjadi dua yaitu secara teoritis dan praktis. Secara teoritis penelitian ini diharapkan mampu memberikan wawasan keilmuan pendidikan agama islam terkait dengan pengaruh pembelajaran akidah akhlak terhadap akhlak siswa khususnya bagi guru akidah akhlak di MAN 4 Kabupaten Tangerang. Secara praktis penelitian ini diharapkan mampu memotivasi siswa untuk senantiasa meningkatkan kualitas akhlaknya salah satunya dengan cara mengikuti kegiatan pembelajaran akidah akhlak dengan baik. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik korelasi. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa – siswi kelas XI IPS MAN 4 Kabupaten Tangerang berjumlah 87 orang. Instrumen penelitian menggunakan kuisioner. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan pendekatan korelasional. Hasil analisis data diperoleh hasil bahwa pertama pembelajaran akidah akhlak diperoleh nilai mean 84,7 tergolong taraf nilai yang sangat baik dalam tabel krietria nilai mean, kedua akhlak siswa diperoleh nilai mean 88,1 tergolong kategori nilai yang sangat baik pada tabel kriteria penilaian mean, dan ketiga pengaruh pembelajaran akidah akhlak terhadap akhlak siswa kelas XI IPS MAN 4 Kabupaten Tangerang pada uji pearson product moment diproleh nilai 1,00 angka tersebut tergolong kategori sempurna pada tabel interpretasi korelasi product moment. Selanjutnya pada hasil taraf signifikansi diperoleh thitung -53,940 < t tabel -1,663 dan nilai Sig. (2-tailed) yang diperoleh 0,00 < 0,05 dengan demikian Ha diterima yakni terdapat pengaruh pembelajaran akidah akhlak terhadap pembinaan akhlak siswa diterima dan H0 ditolak. Selanjutnya untuk mengetahui seberapa besar persentase yang diproleh variabel X dalam mempengaruhi variabel Y pada nilai r square diperoleh 60,1 % Kesimpulan penelitian ini adalah pembelajaran akidah akhlak memiliki pengaruh yang cukup kuat dalam peningkatan akhlak siswa. semakin efektif pembelajaran akidah akhlak di kelas, semakin baik pula akhlak siswa.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Pembelajaran Akidah Akhlak, Akhlak Siswa
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 27 Jun 2024 04:29
Perubahan Terakhir: 27 Jun 2024 04:29
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14774

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.