Amrullah, Musfik (2024) Pengaruh Pembelajaran Akidah Akhlak Terhadap Akhlak Siswa Kelas XI IPS MAN 4 Kabupaten Tangerang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PAI_191210013_Cover.pdf Download (188kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_191210013_Lampiran Depan.pdf Download (1MB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_191210013_Bab I.pdf Download (427kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PAI_191210013_Bab II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (883kB) |
||
Teks
S_PAI_191210013_Bab III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (589kB) |
||
Teks
S_PAI_191210013_Bab IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (644kB) |
||
|
Teks
S_PAI_191210013_Bab V.pdf Download (292kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_191210013_Daftar Pustaka.pdf Download (417kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran akidah akhlak, mendeskripsikan akhlak siswa dan mendeskripsikan seberapa besar pengaruh pembelajaran akidah akhlak terhadap akhlak siswa kelas XI IPS MAN 4 Kabupaten Tangerang. Adapun manfaat dilakukannya penelitian ini dibagi menjadi dua yaitu secara teoritis dan praktis. Secara teoritis penelitian ini diharapkan mampu memberikan wawasan keilmuan pendidikan agama islam terkait dengan pengaruh pembelajaran akidah akhlak terhadap akhlak siswa khususnya bagi guru akidah akhlak di MAN 4 Kabupaten Tangerang. Secara praktis penelitian ini diharapkan mampu memotivasi siswa untuk senantiasa meningkatkan kualitas akhlaknya salah satunya dengan cara mengikuti kegiatan pembelajaran akidah akhlak dengan baik. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik korelasi. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa – siswi kelas XI IPS MAN 4 Kabupaten Tangerang berjumlah 87 orang. Instrumen penelitian menggunakan kuisioner. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan pendekatan korelasional. Hasil analisis data diperoleh hasil bahwa pertama pembelajaran akidah akhlak diperoleh nilai mean 84,7 tergolong taraf nilai yang sangat baik dalam tabel krietria nilai mean, kedua akhlak siswa diperoleh nilai mean 88,1 tergolong kategori nilai yang sangat baik pada tabel kriteria penilaian mean, dan ketiga pengaruh pembelajaran akidah akhlak terhadap akhlak siswa kelas XI IPS MAN 4 Kabupaten Tangerang pada uji pearson product moment diproleh nilai 1,00 angka tersebut tergolong kategori sempurna pada tabel interpretasi korelasi product moment. Selanjutnya pada hasil taraf signifikansi diperoleh thitung -53,940 < t tabel -1,663 dan nilai Sig. (2-tailed) yang diperoleh 0,00 < 0,05 dengan demikian Ha diterima yakni terdapat pengaruh pembelajaran akidah akhlak terhadap pembinaan akhlak siswa diterima dan H0 ditolak. Selanjutnya untuk mengetahui seberapa besar persentase yang diproleh variabel X dalam mempengaruhi variabel Y pada nilai r square diperoleh 60,1 % Kesimpulan penelitian ini adalah pembelajaran akidah akhlak memiliki pengaruh yang cukup kuat dalam peningkatan akhlak siswa. semakin efektif pembelajaran akidah akhlak di kelas, semakin baik pula akhlak siswa.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Pembelajaran Akidah Akhlak, Akhlak Siswa |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat |
Tanggal Disetorkan: | 27 Jun 2024 04:29 |
Perubahan Terakhir: | 27 Jun 2024 04:29 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14774 |
Actions (login required)
Lihat Item |