Hudaefah, Siti (2024) Analisis Kompetensi Pedagogik dan Sosial Pada Mahasiswa Pengenalan Lapangan Persekolahan Jurusan Pendidikan Agama Islam Tahun 2022. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PAI_191210120_Cover.pdf Download (24kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_191210120_Lampiran Depan.pdf Download (379kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_191210120_BAB I.pdf Download (254kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PAI_191210120_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (288kB) |
||
Teks
S_PAI_191210120_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (331kB) |
||
Teks
S_PAI_191210120_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (451kB) |
||
|
Teks
S_PAI_191210120_BAB V.pdf Download (98kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_191210120_Daftar Pustaka.pdf Download (92kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Latar belakang masalah penelitian ini berawal dari masalah mahasiswa PLP yang merasa tidak dihargai oleh peserta didik sehingga menimbulkan pembelajaran yang sulit untuk dikondusifkan. Masalah ini menarik untuk diteliti apa yang menjadi penyebab dari masalah tersebut apakah kompetensi mahasiswa PLP yang belum memadai atau ada faktor lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Menganalisis kompetensi pedagogik, (2) Menganalisis kompetensi sosial, (3) Menemukan kendala yang dihadapi mahasiswa Pendidikan Agama Islam pada pelaksanaan PLP, (4) Merumuskan upaya yang dilakukan mahasiswa Pendidikan Agama Islam dalam pelaksanaan PLP. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau simpulan. Uji keabsahan data menggunakan Triangulasi dan Member check. Adapun hasil penelitiannya yaitu : (1) Dari segi kompetensi pedagogik Mahasiswa Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) kesulitan dalam pembuatan rencana pelaksanaan pembelajaran, analisis KI dan KD, pemilihan strategi pembelajaran, dan mengalokasikan waktu, serta kesulitan dalam pengelolaan kelas. (2) Dari segi kompetensi sosial Mahasiswa PLP sudah sangat baik, dilihat dari kemampuan beradabtasi, komunikasi, dan kerjasama. (3) Adapun kendala yang ditemui antara lain : kurang bimbingan dari Guru Pamong dan DPL, penerimaan kurang baik dari peserta didik, kurang percaya diri, dan terbatasnya pemilihan strategi pembelajaran yang diketahui oleh Mahasiswa PLP. (4) Upaya yang dilakukan dengan memperdalam apa yang tidak diketahui, sering melakukan diskusi baik dengan teman, guru, dan DPL.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Sosial, PLP (Pengenalan Lapangan Persekolahan) |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
Tanggal Disetorkan: | 25 Jun 2024 04:32 |
Perubahan Terakhir: | 25 Jun 2024 04:32 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14758 |
Actions (login required)
Lihat Item |