عدم العدالة بين الجنسين في مجموعات قصصية "الكبوس" لنجيب الكيلان (دراسة نسوية)

Salma, Samihatus (2024) عدم العدالة بين الجنسين في مجموعات قصصية "الكبوس" لنجيب الكيلان (دراسة نسوية). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_BSA_201360081_Cover.pdf

Download (164kB)
[img] Teks
S_BSA_201360081_Lampiran Depan.pdf

Download (529kB)
[img] Teks
S_BSA_201360081_BAB I.pdf

Download (393kB)
[img] Teks
S_BSA_201360081_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (803kB)
[img] Teks
S_BSA_201360081_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (340kB)
[img] Teks
S_BSA_201360081_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (896kB)
[img] Teks
S_BSA_201360081_BAB V.pdf

Download (775kB)
[img] Teks
S_BSA_201360081_Daftar Pustaka.pdf

Download (269kB)

Abstrak

Cerpen "الكبوس "karya Najib Al- Kailani merupakan karya sastra yang tidak hanya dinikmati, tetapi juga diminati pembaca atas tanggapan ilmiah dari para ahli dan pembaca. Selain itu, cerpen "الكبوس "karya Najib Al- Kailani juga diperkaya dengan pesan-pesan moral yang mengandung berbagai permasalahan yang dihadapi oleh tokoh utama wanita, oleh karena itu peneliti tertarik dengan cerpen "الكبوس "karya Najib Al- Kailani sehingga ingin meneliti ketidakadilan gender yang terkandung dalam cerpen tersebut. Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah mengungkapkan bentuk-bentuk ketidakadilan gender, mengungkapkan penyebab ketidakadilan gender, serta mengungkapkan upaya perempuan dalam mengatasi ketidakadilan gender bagi tokoh perempuan dalam ontologi cerpen "الكبوس" karya Najib Al- Kailani menurut teori Mansour Fakih. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan analitis, yaitu metode yang tertuju pada pemecahan masalah dan bersifat apa adanya. Setelah itu, dapat diperoleh bentuk-bentuk ketidakadilan yang ada dalam ontologi cerpen "الكبوس "karya Najib Kailani, Sumber data dalam penelitian ini adalah sumber data primer yaitu ontology cerpen "الكبوس "karya Najib Al-Kailani sedangkan sumber data sekunder dalam penelitian ini adalah berupa buku teori Mansour Fakih, artikel, jurnal, makalah , dan lain sebagainya yang relavan untuk memperkuat argumentasi dan melengkapi hasil penelitian. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa bentuk-bentuk ketidakadilan gender yang ditemukan dalam ontologi cerpen "الكبوس"karya Najib Al-Kailani mencakupi marginalisasi, subordinasi, stereotipe, kekerasan, dan beban kerja. Penyebab terjadinya ketidakadilan gender adalah faktor dalam anggota keluarganya yang dilakukan oleh suami dan ayahnya . Upaya perempuan dalam mengatasi ketidakadilan gender perempuan terwujud dalam afeksi positif atau menerima dan afeksi negative atau menolak.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Ketidakadilan Gender, Cerpen Al-Kabus, Najib Al-Kailani, Perempuan
Subjek: 800 Sastra, Retorika & Kritik > 890 lainnya literatur > 892 Afro-Asiatic literatures; Semitic literatures
Divisi: Fakultas Ushuluddin dan Adab > Bahasa dan Sastra Arab
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 07 Jun 2024 03:41
Perubahan Terakhir: 07 Jun 2024 03:41
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14649

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.