Implementasi Prinsip Good Governance Dalam Pelayanan Publik di Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Pengadilan Negeri Pandeglang Kelas II (Studi Fiqih Siyasah Dusturiyyah)

Romdhoniah, Bahjatu (2024) Implementasi Prinsip Good Governance Dalam Pelayanan Publik di Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Pengadilan Negeri Pandeglang Kelas II (Studi Fiqih Siyasah Dusturiyyah). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_HTN_191120135_Cover.pdf

Download (91kB)
[img] Teks
S_HTN_191120135_Lampiran Depan.pdf

Download (401kB)
[img] Teks
S_HTN_191120135_BAB I.pdf

Download (465kB)
[img] Teks
S_HTN_191120135_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (396kB)
[img] Teks
S_HTN_191120135_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (309kB)
[img] Teks
S_HTN_191120135_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (357kB)
[img] Teks
S_HTN_191120135_BAB V.pdf

Download (90kB)
[img] Teks
S_HTN_191120135_Daftar Pustaka.pdf

Download (232kB)

Abstrak

Pelayanan publik dalam good governance (pemerintahan yang baik) merupakan suatu tuntutan yang harus dipenuhi oleh pemerintah dalam rangka pencapaian tujuannya, namun bagaimana penerapan prinsip good governance dalam pelayanan publik di pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Pengadilan Negeri Pandeglang masih belum dikatakan sempurna, ada prinsip good governance yang belum di jalankan secara maksimal dalam pelayanan dan dilihat dari analisa fiqih siyasah dusturiyyah. Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalah dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimana Implementasi Prinsip Good Governance Dalam Pelayanan Publik Di Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Pengadilan Negeri Pandeglang? 2) Bagaimana Analisis Fiqih Siyasah Dusturiyyah Terhadap Implementasi Prinsip Good Governance Dalam Pelayanan Publik Di Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Pengadilan Negeri Pandeglang?. Adapun tujuan dari skripsi ini adalah: 1) Untuk Mengetahui Implementasi Prinsip Good Governance Dalam Pelayanan Publik Di Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Pengadilan Negeri Pandeglang. 2) Untuk Mengetahui Analisis Perspektif Fiqih Siyasah Dusturiyyah Terhadap Implementasi Prinsip Good Governance Dalam Pelayanan Publik Di Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Pengadilan Negeri Pandeglang. Dalam penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan metode penelitian kualitatif yaitu metode penelitian yang memfokuskan pada pengamatan yang mendalam. Adapun teknik yang digunakan adalah observasi yaitu mendatangi lokasi penelitian, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian Penyelenggaraan good governace menuntut keterlibatan seluruh komponen baik dari birokrasi maupun masyarakat. Pelaksanaan penerapan prinsip good governance dalam pelayanan publik di Pelayanan Terpadu satu Pintu (PTSP) Pengadilan Negeri Pandeglang sudah berjalan sebagaimana mestinya yaitu memberikan pelayanan dengan baik kepada para pencari keadilan sebagaimana diketahui bahwa PTSP ialah kegiatan penyelenggaran jasa perizinan dan non-perizinan, yang proses pengelolaannya di mulai dari tahap permohonan sampai ke tahap penerbitan ijin dokumen, namun pada pelaksanaannya ada prinsip good governance yang penerapannya belum maksimal yaitu prinsip transparansi dan responsif. Pandangan fiqih siyasah dusturiyyah yaitu yang mengatur hubungan antara warga negara dengan lembaga negara yang satu dengan warga negara dan lembaga negara yang lain dalam batas-batas admininistrasi akan tetapi memiliki orientasi yang sama yaitu untuk kemaslahatan rakyatnya. Hasil ijtihad ulama sangat membantu dalam memahami fiqih siyasah dusturiyyah berserta prinsipnya, dalam mencapai kemasalahatan umat.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Good Governance, Pelayanan Publik, PTSP Pengadilan Negeri
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 340 Hukum > 344 Buruh, sosial, pendidikan & budaya hukum
Divisi: Fakultas Syari'ah > Hukum Tata Negara
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 17 Mei 2024 02:52
Perubahan Terakhir: 17 Mei 2024 02:52
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14601

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.