Israiliyyat dalam kisah Dzul-Qarnain dan Ya’juj-Ma’juj (Analisis Kitab Ad-Dakhil Fi at-Tafsir Karya Abdul Wahhab Fayed)

Ulfah, Ojah Nasia (2024) Israiliyyat dalam kisah Dzul-Qarnain dan Ya’juj-Ma’juj (Analisis Kitab Ad-Dakhil Fi at-Tafsir Karya Abdul Wahhab Fayed). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_IAT_191320051_Cover.pdf

Download (489kB)
[img] Teks
S_IAT_191320051_Lampiran Depan.pdf

Download (2MB)
[img] Teks
S_IAT_191320051_BAB I.pdf

Download (524kB)
[img] Teks
S_IAT_191320051_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (709kB)
[img] Teks
S_IAT_191320051_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (539kB)
[img] Teks
S_IAT_191320051_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (976kB)
[img] Teks
S_IAT_191320051_BAB V.pdf

Download (451kB)
[img] Teks
S_IAT_191320051_Daftar Pustaka.pdf

Download (403kB)

Abstrak

Al-Qur’an merupakan kitab suci bagi umat Islam yang didalam nya memuat banyak kisah-kisah orang-orang terdahulu yang bertujuan kepada umat manusia. Akan tetapi di Al-Qur’an terkadang Allah SWT, hanya menceritakan sebagian dari kisah-kisahnya saja tanpa menceritakan secara keseluruhan dari kisah-kisah mereka. Dzul-qarnain merupakan salah satu tokoh yang kisah nya Allah ceritakan didalam Al-Qur’an. Berdasarkan latar belakang diatas, Rumusan masalah Penelitian yaitu: (1) Bagaimana Pandangan Abdul Wahab Fayed terhadap Ad-dakhil Fi at-Tafsir? (2) Bagaimana analisis Israiliyyat dalam kisah Dzul-Qarnain Ya’juj-Ma’juj dalam ad-Dakhil fi At-Tafsir al-Qur’an al-Karim Karya Abdul Wahab Fayed? Tujuan penelitian ini yaitu: 1) Untuk Menjelaskan pandangan Abdul Wahhab Fayed terhadap Ad-Dakhil Fi At-Tafsir. 2) Untuk Menganalisis Israiliyat tentang Kisah Dzul-Karnain dan Ya’juj-Ma’juj dalam Ad-Dakhil Fi At-Tafsir Al-Qur’an Al-Karim karya Abdul Wahhab Fayed. Peneliti ini termasuk kedalam penelitian kepustakaan (library research). Penelitian ini menggunakan sumber-sumber kepustakaan sebagai bahan dalam penelitian. Adapun sumber primer yang digunakan pada penelitian ini yaitu Kitab Ad-Dakhil fi At-Tafsir karya Abdul Wahab Fayed dan Ad-Dakhil teori dalam melacak Kesahihan Tafsir Karya Ulinnuhan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode analisis Data, Dalam mengolah data pada penelitian ini, peneliti terlebih dahulu memaparkan kisah-kisah Dzul-qarnain dan Ya’juj-Ma’juj secara keseluruhan yang ada didalam Al-Qur’an dan memaparkan pendapat-pendapat para mufasir mengenai sosok Dzul-qarnain dan Ya’juj-Ma’juj kemudian memaparkan data secara deskriptif analisis. Adapun Menurut pandangan Abdul Wahhab Fayed terhadap Ad-Dakhil Fi at-Tafsir ada tujuh kategori Ad-Dakhil penafsiran. Tujuh kategori tersebut adalah Riwayat Israiliyyat hadist palsu dan hadist lemah, ad-Dakhil dari sekte batiniyah, ad-Dakhil penafsiran sufistik yang menghiraukan makna lahir ayat, ad-dakhil dari sisi kebahasan, ad-dakhil dari sekte Babiyah, Bahaiyah, dan Qodariyyah serta ad-dakhil dari sebagian pemikiran komtemporer.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Dzul-Qarnain, Israi’liyat, Ya’juj-Ma’juj
Subjek: 2x1 Al Quran dan ilmu yang terkait > 2x1.3 Tafsir Al-Quran
Divisi: Fakultas Ushuluddin dan Adab > Ilmu Alquran dan Tafsir
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 14 Mei 2024 03:01
Perubahan Terakhir: 14 Mei 2024 03:02
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14584

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.