Mutu Supervisi Kepala Madrasah/Sekolah dalam Meningkatkan Profesionalisme Pendidik (Analisis Deskripsi Komparatif di Madrasah Aliyah Nurul Hidayah Cihara dan SMAS Daar El-Karim Malingping)

Muhtarudin, U. (2024) Mutu Supervisi Kepala Madrasah/Sekolah dalam Meningkatkan Profesionalisme Pendidik (Analisis Deskripsi Komparatif di Madrasah Aliyah Nurul Hidayah Cihara dan SMAS Daar El-Karim Malingping). Magister thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
T_MPI_212625029_Cover.pdf

Download (57kB)
[img] Teks
T_MPI_212625029_Lampiran Depan.pdf

Download (664kB)
[img] Teks
T_MPI_212625029_BAB I.pdf

Download (520kB)
[img] Teks
T_MPI_212625029_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (665kB)
[img] Teks
T_MPI_212625029_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (232kB)
[img] Teks
T_MPI_212625029_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (571kB)
[img] Teks
T_MPI_212625029_BAB V.pdf

Download (114kB)
[img] Teks
T_MPI_212625029_Daftar Pustaka.pdf

Download (200kB)

Abstrak

Supervisi bertujuan meningkatkan kemampuan pada aspek pembelajaran. Agar guru mempunyai kemampuan yang berlebih pada tingkatan profesional. Pada tingkatan profesional tentu guru harus mempunyai kompetensi yang dimiliki yaitu kompetensi keperibadian sosila, pedagogik dan profesional, bila aspek itu terepenuhi maka guru menjadi Pendidik professional dengan tugas mendidik mengajar mengarahkan membimbing dan mengevaluasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis mutu supervisi kepala madrasah dan sekolah?, untuk menganalisis profesionalisme pendidik? untuk menganalisis mutu supervisi kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme pendidik?, untuk mengetahui factor pendorong dan penghambat? serta upaya mengatasi solusi hambatan mutu supervisi kepala dalam meningkatkan profesionalisme, Penelitain ini dilakukan di Madrasah Aliyah Nurul Hidayah Cihara dan Sekolah Menengah Atas (SMAS) Daar El-Karim Malingping. Peneilitian ini menggunkan penelitian kualitatfif deskriptif komparatif, dengan metode observasi wawancara dan dokumentasi. Subyek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan pendidik pada dua sekolah yakni Madarsah Aliyah Nurul Hidayah Cihara serta Sekolah menengah Atas (SMAS) Daar El-Karim Malingping Lebak Banten Berdasarkan hasil penelitian ditemukan. Pelaksaan supervisi pada kedua lembaga dilaksanaan dengan baik dengan persiapan yang cukup baik dari perencaaan program, perencaan proses, hingga evaluasi. (1) Mutu supervisi kepala madrasah di anggap sudah cukup dalam prosesnya. walaupun masih sedikit ada kendala dalam pelaksanaannya. (2) Profesionalisme guru pada madrasah Aliyah dan SMAS Daar El-Karim cukup baik, hal tersebut terealisasi dari adanya pendidik yang dianggap kompeten dan tersertifikasi, walupun masih ada beberapa pendidik yang dianggap masih kurang secara komepetensi (3) Kualitas mutu supervisi mempunyai pengaruh terhadap profesionalisme pendidik. Proses supervisi pada kedua lembaga tersebut bisa terimplementasikan apabila kepala madrasah dan sekolah aktif dalam melakukan supervisi terhadap pendidiknya, maka pendidik akan mengalami peningkatan secara kemampuan dalam melakukan pengajarannya, bahkan akan menghasilkan prestasi bagi peserta dididiknya, karena proses tidak akan mengurangi hasil. (4) Faktor pendorongnya dalam supervisi pada madarsah Aliyah Nurul Hidayah adalah motivasi dan ke ikhlasan, pada SMAS Daar El-Karim adalah motivasi dan pengharapan (5). Hamabatannya adalah terletak pada asfek lemahnya semangat dan motivasi, dan berrpikir bahwa supervisi hanya sebagai sarana untuk mencari kelemahan guru serta, angggaran minim,sarana kurang. (6) Upaya mengatasinya kelemahan adalah, bekerja dengan semangat jangan malas, tingkatkan kinerja, dan harus ada reward.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister)
Kata Kunci (keywords): Mutu, supervis kepala Madrasah ,Profesionalis, Pendidik
Subjek: 500 Ilmu Pengetahuan Alam dan Mathemetics > 506 Organisasi & manajemen
Divisi: Magister > Manajemen Pendidikan Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 29 Apr 2024 07:18
Perubahan Terakhir: 29 Apr 2024 07:18
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14543

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.