Rosnawati, Lia (2024) Peningkatan Ekonomi Perempuan Melalui Usaha Bakpia Pulen Mandiri di Desa Kadugemblo. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PMI_201530010_Cover.pdf Download (322kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PMI_201530010_Lampiran Depan.pdf Download (780kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PMI_201530010_BAB I.pdf Download (291kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PMI_201530010_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (237kB) |
||
Teks
S_PMI_201530010_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (413kB) |
||
Teks
S_PMI_201530010_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (704kB) |
||
|
Teks
S_PMI_201530010_BAB V.pdf Download (156kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PMI_201530010_Daftar Pustaka.pdf Download (222kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Kelompok Usaha Bakpia Pulen Mandiri yang berada di Desa Kadugemblo ini merupakan sebuah usaha rumahan yang dilatarbelakangi oleh potensi yang dimiliki. Keterampilan membuat kue merupakan sumberdaya manusia yang menjadi pendukung potensi tersebut. Kelompok Usaha Bakpia Pulen Mandiri tersebut merupakan usaha yang sudah terjalin cukup lama. Meskipun usahanya dikatakan cukup lama, akan tetapi kelompok usaha tersebut belum memiliki pembukuan laporan keuangan, karena belum mengetahui dan memahami cara melakukan pembukuannya. Selain itu kelompok usaha tersebut belum melakukan pemasaran secara online, karena belum memiliki pengetahuan tentang strategi pemasaran secara online. Oleh karena itu diperlukan pendampingan khusus untuk menambah pengetahuan dan keterampilan pelaku kelompok usaha, pembukuan keuangan dan strategi pemasaran sebagai penguatan pada kelompok usaha Bakpia Pulen Mandiri tersebut. Tujuan penelitian dari pelatihan dan pelatihan pembukuan keuangan serta strategi pemasaran ini adalah: 1) memberikan pengetahuan dan pelatihan laporan keuangan kepada para pelaku kelompok usaha Bakpia Pulen Mandiri, 2) Memberikan pengetahuan dan pelatihan tentang pemasaran pada pelaku kelompok usaha Bakpia Pulen Mandiri. Metode penelitian ini menggunakan metode Participatory Learning and Action (PLA). Dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah: observasi, wawancara, Focus Group Discussion (FGD) dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini sendiri yaitu : 1) Kelompok usaha Bakpia Pulen Mandiri mampu membuat laporan keuangan, 2) Kelompok usaha Bakpia Pulen Mandiri mampu membuat dan menggunakan marketplace sebagai sarana pemasaran secara online.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Bakpia Pulen Mandiri, Pembukuan Keuangan, Strategi Pemasaran |
Subjek: | 2x6 Sosial Budaya Islam > 2x6.3 Ekonomi Islam |
Divisi: | Fakultas Dakwah > Pengembangan Masyarakat Islam |
User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
Tanggal Disetorkan: | 03 Apr 2024 03:56 |
Perubahan Terakhir: | 03 Apr 2024 03:56 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14434 |
Actions (login required)
Lihat Item |