Syarifah, Auliatus (2024) Konseling Kelompok dengan Teknik Cognitiv Restructuring dalam Mengatasi Perilaku Bullying di Lingkungan Pesantren (Studi Pada Pondok Pesantren Al Insan Kelurahan Kalitimbang Kota Cilegon). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_BKI_191520074_Cover.pdf Download (66kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_BKI_191520074_Lampiran Depan.pdf Download (539kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_BKI_191520074_BAB I.pdf Download (366kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_BKI_191520074_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (276kB) |
||
Teks
S_BKI_191520074_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (296kB) |
||
Teks
S_BKI_191520074_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (426kB) |
||
|
Teks
S_BKI_191520074_BAB V.pdf Download (88kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_BKI_191520074_Daftar Pustaka.pdf Download (143kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Perilaku bullying sudah banyak terjadi di berbagai latar kehidupan. Salah satunya juga terjadi di lingkungan pendidikan Agama, yakni Pondok Pesantren. Di Pondok Pesantren Al Insan Kota Cilegon, terdapat beberapa santri yang sering melakukan bullying. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konseling kelompok dengan teknik cognitive restructuring untuk mengatasi perilaku bullying pada santri. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan menggunakan jenis Penelitian Tindakan Bimbingan Konseling (PTBK). Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan observasi dan wawancara. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Prosedur penelitian ini menggunakan dua siklus, masing-masing siklus mencakup perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian pada siklus I masih terdapat beberapa kekurangan, diantaranya beberapa tahapan yang belum terlaksana, dan anggota kelompok yang kurang antusias dalam menyampaikan pendapat. Pada pelaksanaan tindakan siklus II mengalami perubahan yang lebih baik dari sebelumnya. Diantaranya tahapan-tahapan konseling kelompok sudah terlaksana dengan baik, konselor dapat mendorong anggota kelompok untuk aktif berpartisipasi, dan anggota kelompok aktif menyampaikan pendapatnya.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Konseling Kelompok, Teknik Cognitive Restructuring, Bullying |
Subjek: | 100 Filsafat & Psikologi > 150 Psikologi > 158 Terapan Psikologi |
Divisi: | Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam |
User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
Tanggal Disetorkan: | 01 Apr 2024 04:57 |
Perubahan Terakhir: | 02 Apr 2024 06:50 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14408 |
Actions (login required)
Lihat Item |