PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENERAPKAN KONSEP PENDIDIKAN MULTIKULTURAL TERHADAP SISWA (Studi di SMAN 5 Kota Serang)

SAMAIYAH, SAMAIYAH (2017) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENERAPKAN KONSEP PENDIDIKAN MULTIKULTURAL TERHADAP SISWA (Studi di SMAN 5 Kota Serang). Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "Sultan Maulana Hasanuddin" Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks (HALAMAN MUKA)
Bagian Muka.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (467kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB I S/D BAB V)
Bagian Isi.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (831kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Tugas seorang guru agama sebagai pendidik tidak hanya sebatas dalam penyampaian materi saja melainkan guru agama harus memiliki kemampuan, mengarahkan, membimbing dan membina khususnya pada siswa serta mampu menanamkan suasana yang harmonis pada warga sekolah pada umumnya. Oleh sebab itu, guru Pendidikan Agama Islam dituntut harus mampu tanggap terhadap berbagai kondisi dan perkembangan yang terdapat di lembaga tersebut serta memahami keberagaman seluruh anggota sekolah. Kaitanya dengan objek penelitian, yaitu di SMAN 5 Kota Serang maka rumusan masalah yang akan diteliti adalah 1. Bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam dalam menerapkan konsep pendidikan multikultural terhadap siswa SMAN 5 Kota Serang. 2. Bagaimana cara menerapkan konsep pendidikan multikultural yang diberikan oleh guru Pendidikan Agama Islam kepada siswa SMAN 5 Kota Serang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru Pendidikan Agama Islam dalam menerapkan konsep pendidikan multikultural terhadap siswa SMAN 5 Kota Serang. Manfaat penelitian ini adalah bagi SMAN 5 Kota Serang penelitian ini diharapkan menjadi salah satu alternatif bagi pihak sekolah dalam kebijakan pembelajaran dalam rangka menerapkan pendidikan multikultural. Metode penelitian yang digunakan ialah penelitian kualitatif. Dalam pengumupulan data peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi sedangkan terkait analisisnya, peneliti menggunakan teknik deskriptif kualitatif yaitu berupa data-data yang tertulis atau lisan dari orang-orang dan pelaku yang diamati yang terkumpul secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): pendidikan multikultural
Subjek: 400 Bahasa > 407 Pendidikan, penelitian & topik terkait
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: S.IIP AINUN NAJAH
Tanggal Disetorkan: 29 Des 2017 09:21
Perubahan Terakhir: 29 Des 2017 09:21
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/1436

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.