Nurasiah, Tina (2024) Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pada Materi Pecahan (Deskripsi Kualitatif Kelas VI SDIT Ibadurrahman). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PGMI_171240131_Cover.pdf Download (153kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_171240131_Lampiran Depan.pdf Download (522kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_171240131_BAB I.pdf Download (184kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PGMI_171240131_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (478kB) |
||
Teks
S_PGMI_171240131_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (113kB) |
||
Teks
S_PGMI_171240131_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (565kB) |
||
|
Teks
S_PGMI_171240131_BAB V.pdf Download (87kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_171240131_Daftar Pustaka.pdf Download (165kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan 1) Untuk menganalisis tingkat kemampuan berpikir kreatif dalam menyelesaikan soal matematika materi pecahan pada siswa SDIT Ibadurrahman 2) Untuk mengetahui faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kemampuan berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan soal matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, pemberian tes soal kemampuan berpikir kreatif, dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 27 siswa kelas VI SDIT Ibadurrahman. Adapun sampel ditetapkan sebanyak 14 orang siswa dengan teknik simple random. Hasil penelitian ini adalah: 1) Berdasarkan analisis tentang kemampuan berpikir kreatif siswa di peroleh hasil yaitu siswa yang memiliki kemampuan berpikir tingkat rendah terdapat 1 orang siswa, kemudian yang memiliki tingkat sedang terdapat 9 orang siswa dan yang memiliki tingkat tinggi terdapat 4 orang siswa. 2) Faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan berpikir siswa dalam menyelesaikan soal matematika terdiri dari faktor pendukung yaitu guru memberikan kebebasan untuk memilih rumus untuk kreativitas sendiri pada saat menyelesaikan soal-soal essay. Sedangkan faktor yang menghambat dalam kemampuan berpikir kreatif siswa adalah minat belajar siswa yang kurang khususnya untuk mengerjakan soal pecahan yang berbentuk soal cerita.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Kemampuan Berpikir Kreatif, Matematika, Pecahan |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
Tanggal Disetorkan: | 19 Jan 2024 07:10 |
Perubahan Terakhir: | 19 Jan 2024 07:10 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14056 |
Actions (login required)
Lihat Item |