Suhayah, Yayah (2024) Penerapan Metode Joyful Learning dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas VI SDN Tamansari Baros. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PAI_191210126_Cover.pdf Download (6MB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_191210126_LAMPIRAN DEPAN.pdf Download (20MB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_191210126_BAB I.pdf Download (198kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PAI_191210126_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (392kB) |
||
Teks
S_PAI_191210126_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (253kB) |
||
Teks
S_PAI_191210126_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (302kB) |
||
|
Teks
S_PAI_191210126_BAB V.pdf Download (91kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_191210126_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (228kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Permasalahan yang dikaji pada penelitian ini berawal dari ketika guru menjelaskan materi pelajaran kebanyakan siswa bermain sendiri. Ada siswa yang bermain dengan alat tulisnya, ada pula siswa yang bermain dengan teman sebangunya. Selain itu, fokus siswa saat kegiatan belajar mengajar berlangsung hanya sebentar. Sehingga menyebabkan siswa kurang aktif dalam pembelajaran. Berangkat dari permasalahan tersebut, solusi yang diterapkan untuk memecahkan permasalah adalah dengan menerapkan metode joyful learning. Tujuan dari penelitian adalah mengetahui rencana penerapan metode joyful learning dalam meningkatkan minat belajar siswa terhadap mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, Untuk Mendeskripsikan hasil dalam pelaksanaan penerapan metode joyful learning dalam meningkatkan minat belajar siswa terhadap mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Joyful Learning adalah Suatu pembelajaran yang dapat dinikmati oleh siswa, siswa merasa nyaman, aman dan mengasyikkan. Penelitian Tindakan kelas ini diadakan dikelas VI SDN Tamansar Baros, dengan menggunakan desain model Kemmis & Taggart Metode pengumpulan data melalui angket, observasi, dan wawancara. Teknik analisis data meliputi Teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Simpulan Hasil penelitian diatas, bahwa Penerapan metode joyful learning dapat meningkatkan minat belajar siswa Pada mata pelajaran PAI dikelas VI SDN Tamansari Baros. Hal ini ditunjukan pada Pada pra siklus menunjukkan angka 18,66 dengan kategori minat belajar rendah, pada siklus I menunjukkan siswa kelas VI yang memperoleh skor minat belajar > 25 terdapat 80% (20 siswa) dengan kategori minat belajar tinggi, pada siklus II memperoleh skor minat belajar > 25 terdapat 88% (22 siswa) ada peningkatan dan pada siklus III memperoleh skor minat belajar > 25 terdapat 96% (24 siswa) Hal tersebut sudah memenuhi indikator keberhasilan dalam penelitian ini yaitu, 80% siswa kelas VI memperoleh skor minat belajar dalam kriteria tinggi dengan batas minimal skor minat belajar sebesar 25 disetiap siklusnya.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 372 Dasar Pendidikan |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat |
Tanggal Disetorkan: | 16 Jan 2024 07:43 |
Perubahan Terakhir: | 16 Jan 2024 08:04 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14038 |
Actions (login required)
Lihat Item |