Pemikiran Mohammad Natsir Tentang Perkembangan Sistem Pendidikan Islam Modern Di Indonesia 1932-1942

Sumarna, Sumarna (2023) Pemikiran Mohammad Natsir Tentang Perkembangan Sistem Pendidikan Islam Modern Di Indonesia 1932-1942. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_SPI_171350004_Cover.pdf

Download (81kB)
[img] Teks
S_SPI_171350004_Lampiran Depan.pdf

Download (820kB)
[img] Teks
S_SPI_171350004_BAB I.pdf

Download (228kB)
[img] Teks
S_SPI_171350004_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (223kB)
[img] Teks
S_SPI_171350004_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (272kB)
[img] Teks
S_SPI_171350004_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (362kB)
[img] Teks
S_SPI_171350004_BAB V.pdf

Download (161kB)
[img] Teks
S_SPI_171350004_Daftar Pustaka.pdf

Download (469kB)

Abstrak

Sejatinya pendidikan telah mengalami proses yang lama, yaitu saat sejarah manusia itu sendiri telah ada, seiring dengan perkembangan sosial budaya. Saat ini dalam dunia pendidikan telah kita temukan ada istilah dikotomi keilmuan, antara ilmu agama dan ilmu umum. Dikotomi ini telah membawa kesan bahwa pendidikan Agama yang telah berjalan tanpa dukungan ilmu teknologi dan sebaliknya pendidikan umum tanpa adanya sentuhan Agama. Islam telah mengajarkan umatnya tentang pandangan hidup yang menekankan pentingnya menjaga kesimbangan antara dunia dan akhirat, jasmani dan rohani, material dan spritual, Islam memandang manusia sebagai makhluk yang dimuliakan Allah SWT di muka bumi dan senantiasa melaksanakan perannya sebagai khilafah melalui karya-karya nyata untuk kebermanfaatan bagi kehidupan seluruh umat manusia. Berdasarkan latar belakang di atas , maka rumusan masalah dalam skripsi ini adalah: 1). Bagaimana riwayat hidup Mohammad Natsir ? 2). Bagaimana sistem pendidikan Islam di Indonesia ? 3). Bagaimana konsep pendidikan Islam menurut pemikiran Mohammad Natsir ? Adapun tujuan skripsi ini adalah : 1). Mengetahui riwayat hidup Mohammad Natsir. 2). Mengetahui sistem pendidikan Islam di Indonesia. 3). Mengetahui konsep pendidikan Islam menurut pemikiran Mohammad Natsir. Dalam skripsi ini penulis menggunakan metode penelitian sejarah yang meliputi tahapan : heuristik (pengumpulan sumber), verifikasi (kritik), interpretasi (penafsiran), dan historiografi (penulisan) Berdasarkan hasil pembahasan skripsi ini sebagai berikut: Mohammad Natsir adalah salah satu tokoh nasional sekaligus pemikir. Mohammad Natsir lahir di Alahan Panjang, Solok, Sumatera Barat pada tanggal 17 Juli 1908 dan meninggal dunia di Jakarta pada tanggal 6 Februari 1993. Konsep pendidikan Islam Mohammad Natsir berbasis Al-Qur’an dan As-Sunnah, maka pendidikan Islam harus bersifat integral, harmonis dan universal mengembangkan segenap potensi manusia agar menjadi manusia yang bebas, mandiri sehingga mampu melaksanakan fungsinya sebagai khalifah di muka bumi.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan
Divisi: Fakultas Ushuluddin dan Adab > Sejarah Dan Kebudayaan Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 05 Des 2023 04:47
Perubahan Terakhir: 05 Des 2023 04:47
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13879

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.