Strategi Manajemen Perpustakaan dan Layanan Pemustaka di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Banten

Muslihat, Muslihat (2023) Strategi Manajemen Perpustakaan dan Layanan Pemustaka di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Banten. Magister thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
T_MPI_212625014_Cover.pdf

Download (103kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
T_MPI_212625014_Lampiran Depan.pdf

Download (716kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
T_MPI_212625014_BAB I.pdf

Download (363kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
T_MPI_212625014_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (493kB)
[img] Teks
T_MPI_212625014_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (257kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
T_MPI_212625014_BAB IV.pdf

Download (377kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
T_MPI_212625014_BAB V.pdf

Download (89kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
T_MPI_212625014_Daftar Pustaka.pdf

Download (229kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Permasalahan dalam tesis ini adalah strategi pengelolaan perpustakaan dan pelayanan pengguna di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Banten. Identifikasi masalah ini adalah sebagai berikut; Identifikasi permasalahan dalam aspek lingkungan internal dan eksternal layanan pengelolaan pengguna di perpustakaan dan kearsipan di Provinsi Banten. Aspek lingkungan internal adalah adanya struktur organisasi, koleksi perpustakaan, staf perpustakaan, layanan perpustakaan, layanan teknis, layanan, pengguna, dan bangunan perpustakaan. Aspek lingkungan eksternal adalah populasi pengguna, kebutuhan pengguna, kebijakan pengguna, teknologi informasi, dan alokasi anggaran pemerintah. Untuk strategi pengelolaan perpustakaan dan Layanan Pengguna di Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Banten terdapat visi, misi, tujuan, sasaran, metode, taktik dan kelengkapan. Pernyataan masalahnya adalah sebagai berikut; (1) Bagaimana Strategi Pengelolaan Perpustakaan di Kantor Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Banten. (2) Bagaimana kondisi lingkungan internal dan eksternal Manajemen layanan pengguna perpustakaan di Kantor Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Banten. (3) Bagaimana strategi pelayanan pengguna Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Banten. Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut;(1) Mendeskripsikan manajemen perpustakaan di Dinas Perpustakaan dan Kearispan propinsi Banten.(2) Mendeskripsikan dan menganalisis kondisi objektif lingkungan internal dan ekternal layanan Manajemen Perpustakaan di Dinas Perpustakaan dan kearsipan Propinsi Banten.(3) Mendeskripsikan dan menganalisis strtategi manajemen layanan di Dinas Perpustakaan dan kearsipan Propinsi Banten.Kegunaan penelitiannya adalah sebagai berikut;(1) Kegunaan ilmiah dari penelitian ini diharapkan bisa memberikan kontribusi pemikiran tentang strategi yang bisa diterapkan dalam meningkatkan manajemen layanan pemustaka kepada masyrakat pemustaka kepada masyrakat yang berada diwilayah propinsi Banten.penelitian ini diharapakan dapat memilki akademis yang akan menambah informasi dan memperkaya masalah khazanah keilmuan pada umumnya terutama dengan strategi manajemen layanan pemustaka. Secara praktis,hasil penelitian ini diharapkan dapat menambah khazanah pengetahuan penulis khususnya dan pembaca umumnya,dengan nantinya selesai penelitian ini selanjutnya dibentuk karya ilmiah yang diharapkan dapat menjadi sumbangsih pemikiran kepada masyrakat.terutama kepaada pihak pihak pelaksana perpustakaan.terutama kepada pustakawan sendiri agar dapat menjadi bahan pertimbangan dalam rangka meningkatkan manajemen layanan pemustaka diperpustakaan dan Arsip Propinsi banten. Setelah penelitian dilakukan maka dapat penulis tambahkanStrategi Manajemen dan layanan pemustaka Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi Banten dalam pengelolaannya mengarah kemampuan manajemen yang baik, arah kegiatan sesuai dengan tujuan untuk menjaga keseimbangan SDM, Sarana dan Prasana sesuai tuntutan zaman.adanya penalaian positif terhadap Pelayanan yang ramah sikap cepat tanggap yang dirasakan nasasumber.untuk kualitas layanan sangat penting bagi esiktensi perpustakaan. Tetapi kesadaran masyarakat belum terpahami pentingnya perpustakaan.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister)
Kata Kunci (keywords): Strategi, manajemen, layanan, pemustaka
Subjek: 000 Ilmu komputer, pengetahuan & sistem > 020 Perpustakaan & Informasi Ilmu > 021 Perpustakaan hubungan
100 Filsafat & Psikologi > 110 Metafisika > 111 Ontologi > 111.6 Terbatas dan Tak Terbatas > 000 Ilmu komputer, pengetahuan & sistem > 020 Perpustakaan & Informasi Ilmu > 021 Perpustakaan hubungan
Divisi: Magister > Manajemen Pendidikan Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 29 Nov 2023 07:05
Perubahan Terakhir: 29 Nov 2023 07:05
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13827

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.