Amaliah, Ika (2023) Meningkatkan Perkembangan Sosial Emosional Melalui Metode Pembiasaan dan Pemberian Reward Pada Anak Usia 5-6 Tahun di RA. Al-Madinatul Munawaroh Kp. Kadusumbul, Kel. Pagadungan, Kec. Karang Tanjung, Kab. Pandeglang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PIAUD_191260035_Cover.pdf Download (25kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PIAUD_191260035_Lampiran Depan.pdf Download (385kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PIAUD_191260035_BAB I.pdf Download (98kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PIAUD_191260035_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (402kB) |
||
Teks
S_PIAUD_191260035_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (144kB) |
||
Teks
S_PIAUD_191260035_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (503kB) |
||
|
Teks
S_PIAUD_191260035_BAB V.pdf Download (13kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PIAUD_191260035_Daftar Pustaka.pdf Download (165kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini yaitu 1) untuk mengetahui perkembangan sosial emosional anak usia 5-6 tahun2) untuk mengetahui cara meningkatkan perkembangan sosial emosional melalui metode pembiasaan anak usia 5-6 tahun 3) untuk mengetahui cara meningkatkan perkembangan sosial emosional melalui pemberian reward pada anak usia 5-6 tahun 4) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan perkembangan sosial emosional melalui metode pembiasaan dan pemberian reward pada anak usia 5-6 tahun. Tempat yang dijadikan lokasi dalam Penelitian ini di laksanakan pada RA. Al-Madinatul Munawaroh, Kp. Kadusumbul Rt.04 Rw.05 Kel. Pagadungan Kec. Karanagtanjung Kab. Pandeglang Banten. Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian kualitatif, yaitu mendeskripsikan cara meningkatkan perkembangan sosial emosional melalui metode pembiasaan dan pemberian reward pada anak usia 5-6 tahun di RA. Al-Madinatul Munawaroh. Adapun instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pedoman observasi, pedoman wawancara dan dokumentasi. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. Penelitian ini dilakukan pada bulan Mei sampai bulan Juni, jumlah subjek penelitian 18 anak, yang terdiri dari 10 laki-laki dan 8 perempuan. Analisis data penelitian ini meggunakan deskriptif kualitatif, langkah-langkah dalam menganalisis penelitian adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian melalui metode pembiasaan dan pemberian reward sebagai berikut: 1) perkembangan sosial emosional di RA. Al-Madinatul Munawaroh belum berkembang sesuai harapan. 2) ada 3 metode pembiasaan yang terdiri dari pembiasaan rutin, pembiasaan spontan, dan pembiasaan keteladanan. 3) Pemberian reward sangat membantu dalam meningkatkan perkembangan sosial emosional anak usia 5-6 tahun di RA. Al-Madinatul Munawaroh. 4). Faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan perkembangan sosial emosional melalui metode pembiasaan dan pemberian reward pada anak usia 5-6 tahun di RA. Al-Madinatul Munawaroh yaitu faktor keluarga dan faktor sosial ekonomi. Metode pembiasaan dan pemberian reward keduanya dapat meningkatkan perkembangan sosial emosional dengan hasil perkembangan mencapai sangat baik.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Pembiasaan, Reward, Sosial Emosional |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
Tanggal Disetorkan: | 21 Nov 2023 08:13 |
Perubahan Terakhir: | 21 Nov 2023 08:13 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13764 |
Actions (login required)
Lihat Item |