Nugraha, Irfan Maulana (2023) Peranan Guru PAI Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 3 Kota Serang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PAI_191210121_Cover.pdf Download (150kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_191210121_Lampiran Depan.pdf Download (626kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_191210121_BAB I.pdf Download (280kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PAI_191210121_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (418kB) |
||
Teks
S_PAI_191210121_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (185kB) |
||
Teks
S_PAI_191210121_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (338kB) |
||
|
Teks
S_PAI_191210121_BAB V.pdf Download (157kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_191210121_Daftar Pustaka.pdf Download (221kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan guru PAI dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 3 Kota serang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif yang mengambil data deskriptif. Adapun Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan adalah observasi, angket/kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data, peneliti menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peranan guru PAI dalam meningkatkan minat belajar siswa yaitu dengan memaksimalkan peran guru sebagai pendidik, pembimbing, motivator, fasilitator, dan inovator, memilih metode dan model pembelajaran dengan menggunakan alat bantu informasi teknologi (IT), serta menyajikan pembelajaran yang kreatif dan menyenangkan. Selain itu adanya faktor pendukung guru PAI dalam meningkatkan minat belajar siswa yaitu (1). Adanya bahan ajar/buku penunjang pembelajaran, (2). Adanya sarana dan prasarana, (3). Menggunakan metode pembelajaran yang tepat. Adapun faktor penghambat: (1). Kurangnya fasilitas media pembelajaran seperti infokus, (2). Kurangnya kualitas guru dalam mengelola kelas. Ditemukan juga masalah yang dihadapi guru PAI dalam meningkatkan minat belajar siswa yaitu (1). Kurangnya minat belajar dan membaca siswa, (2). Terdapat siswa yang belum bisa (BTQ), (3). Tidak adanya alat peraga. Adapun cara mengatasinya yaitu dengan memberikan motivasi belajar dan perhatian kepada siswa dan membuat alat peraga yang sederhana.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Peranan Guru, Pendidikan Agama Islam, Minat Belajar |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
Tanggal Disetorkan: | 17 Nov 2023 04:14 |
Perubahan Terakhir: | 17 Nov 2023 04:14 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13730 |
Actions (login required)
Lihat Item |