Pengaruh Penggunaan Media Bola Putar Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran IPA Struktur Lapisan Bumi Kelas V Sekolah Dasar (kuasi eksperimen kelas V SD Islami Birrul Walidain Kab.Serang)

Ridwan, Ridwan (2023) Pengaruh Penggunaan Media Bola Putar Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran IPA Struktur Lapisan Bumi Kelas V Sekolah Dasar (kuasi eksperimen kelas V SD Islami Birrul Walidain Kab.Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_191240038_Cover.pdf

Download (128kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_191240038_Lampiran Depan.pdf

Download (547kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_191240038_BAB I.pdf

Download (245kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PGMI_191240038_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (454kB)
[img] Teks
S_PGMI_191240038_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (366kB)
[img] Teks
S_PGMI_191240038_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (609kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_191240038_BAB V.pdf

Download (88kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_191240038_Daftar Pustaka.pdf

Download (222kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media bola putar terhadap kemampuan berfikir kritis siswa pada pembelajaran IPA di Sekolah Dasar Islami Birrul Walidain kab.Serang. Peneliti menggunakan pendekatan Kuntitatif dengan Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Ekperimen, desain peda penelitiannya adalah Nonequivalent Control Group Desain. Instrumen yang digunakan yaitu tes kemampuan berfikir kritis berupa soal esay. Berdasarkan hasil yang diperoleh untuk mengetahui pengaruh penggunaan media bola putar dari uji R Squere sebesar 0,370 dan nilai 0,370 < 0,05. Maka dapat disimpulkan bawha Ho di tolak dan Ha diterima, dan hal ini dapaat di artikan terdapat pengaruh penggunaan media bola putar terhadap kemampuan berfikir kritis siswa pada pembelajaran IPA kelas V di sekolah dasar. Sedangkan berdasarkan hasil belajar siswa dapat diperoleh dari hasil uji N-Gain pretes postes kelas control kelas ekperimen. Kelas control sebesar 0,267 sedangkan kelas ekperimen sebesar 0,3554. Hal ini menujukan bahwa dapat disimpulkan terdapat peningkatan dan perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan media dan tidak menggunakan media, kelas ekperimen lebih baik di bandingkan kelas Kontrol.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): media bola putar, kemampuan berfikir kritis siswa
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 30 Okt 2023 06:42
Perubahan Terakhir: 30 Okt 2023 06:42
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13625

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.