Octafiani, Tubagus (2023) Peran Kepemimpinan Visioner dan Transformasional Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan (Studi di SDIT Al-Izzah dan SDIT Widya Cendikia Kota Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
T_MPI_212625013_COVER.pdf Download (194kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
T_MPI_212625013_LAMPIRAN DEPAN.pdf Download (1MB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
T_MPI_212625013_BAB I.pdf Download (684kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
T_MPI_212625013_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (751kB) |
||
Teks
T_MPI_212625013_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (281kB) |
||
Teks
T_MPI_212625013_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (1MB) |
||
|
Teks
T_MPI_212625013_BAB V.pdf Download (342kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
T_MPI_212625013_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (450kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Keberhasilan atau kegagalan suatu sekolah tergantung pada mutu tenaga pendidik dan tenaga kependidikan dan kepemimpinan kepala sekolahnya, Faktor yang melatar belakangi antara lain, peranan kepemimpinan yang kurang baik dalam mengembangkan mutu mutu tenaga pendidik dan tenaga kependidikan seperti kurangnya kompetensi tenaga pendidik. Selain itu faktor yang cukup berpengaruh adalah faktor peranan kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu tenaga pendidik dan tenaga kependidikan. Rumusan masalah tesis ini adalah bagaimana peran kepemimpinan visioner dan transformasional kepala sekolah mengimplementasikan visi dan misi dalam meningkatkan mutu tenaga pendidik dan kependidikan di SDIT Al-Izzah dan SDIT Widya Cendekia. Apa saja kendala kepemimpinan visioner dan transformasional kepala sekolah mengimplementasikan visi dan misi dalam meningkatkan mutu tenaga pendidik dan kependidikan di SDIT Al-Izzah dan SDIT Widya Cendekia. Tujuan penelitani ini adalah Untuk mengetahui peran kepemimpinan visioner dan transformasional kepala sekolah mengimplementasikan visi dan misi dalam meningkatkan mutu tenaga pendidik dan kependidikan di SDIT Al-Izzah dan SDIT Widya Cendekia. Untuk mengetahui kendala dalam kepemimpinan visioner dan transformasional kepala sekolah mengimplementasikan visi dan misi dalam meningkatkan mutu tenaga pendidik dan kependidikan di SDIT Al-Izzah dan SDIT Widya Cendekia. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subyek penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru. Tempat penelitian dilakukan di SDIT Al-Izzah dan SDIT Widya Cendekia. Adapun metode pengumpulan datanya menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: Peran kepemimpinan visioner dan transformasional kepala sekolah mengimplementasikan visi dan misi dalam meningkatkan mutu tenaga pendidik dan kependidikan di SDIT Al-Izzah dan SDIT Widya Cendekia sudah optimal. Peningkatan kompetensi pedagogik guru dilaksanakan dengan kegiatan antara lain pembinaan dan evaluasi mengadakan workshop, mengintensifkan kegiatan KKG, pembekalan/pelatihan pembelajaran berbasis IT, menstandarisasi sistem penilaian dengan pengadaan aplikasi olah nilai. Kompetensi kepribadian guru dibina untuk meningkatkan kemampuan kepribadian yang mantap, berakhlak mulia, arif, dan berwibawa serta menjadi teladan peserta didik. Kompetensi sosial guru diasah melalui program 5 S (senyum, sapa, salam, sopan, dan santun), pelatihan secara kontinyu sebagai petugas tausiyah, tarbiyah, rapat wali peserta didik, pertemuan dengan paguyuban wali peserta didik, pertemuan dengan komite. Profesionalitas guru dibina kemampuannya tentang penguasaan materi pelajaran secara luas dan mendalam, yang dilaksanakan dengan cara mengikutkan sebagai peserta PLPG bagi yang sudah memenuhi syarat, mengaktifkan kegiatan KKG, pemanfaatan IT dengan sarana pelatihan proses pembelajaran berbasis IT. Pengawasan dan evaluasi kegiatan dilaksanakan dengan melaksanakan supervisi proses pembelajaran untuk mengetahui kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional guru. Supervisi kegiatan non akademik dilaksanakan untuk mengetahui proses peningkatan kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial. Dari hasil supervisi tersebut, kepala sekolah mengadakan evaluasi dan tindak lanjut. Kendala yang dihadapi kepala sekolah dalam mengimplementasikan visi misi meningkatkan mutu tenaga pendidik dan kependidikan di SDIT Al-Izzah SDIT Widya Cendekia masih kurangnya pengalaman para guru, baik pengalaman di bidang pembelajaran maupun pengalaman dalam bidang keorganisasian sekolah, kurangnya pengalaman teknik berkomunikasi, padahal komunikasi merupakan salah satu sarana pencapaian tujuan pembelajaran dan tujuan sekolah, serta untuk mendapatkan image positif dari masyarakat, komitmen guru kurang baik dan masih kurangnya pengalaman para guru, baik pengalaman di bidang penguasaan materi.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam |
Divisi: | Magister > Manajemen Pendidikan Islam |
User Penyetor: | S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat |
Tanggal Disetorkan: | 27 Okt 2023 08:09 |
Perubahan Terakhir: | 27 Okt 2023 08:09 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13612 |
Actions (login required)
Lihat Item |