Hidayat, Wahid Hasyim (2023) Pembentukan Akhlak Siswa Melalui Program Ekstrakurikuler Pencak Silat Cakrabuana Muda Indonesia di SMKN 5 Kabupaten Tangerang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_KPI_191510065_Cover.pdf Download (59kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_KPI_191510065_Lampiran Depan.pdf Download (878kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_KPI_191510065_Bab I.pdf Download (324kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_KPI_191510065_Bab II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (334kB) |
||
Teks
S_KPI_191510065_Bab III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (227kB) |
||
Teks
S_KPI_191510065_Bab IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (708kB) |
||
|
Teks
S_KPI_191510065_Bab V.pdf Download (91kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_KPI_191510065_Daftar Pustaka.pdf Download (175kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Pada era modern ini, pemerintah Indonesia telah mengambil langkah-langkah untuk memperkuat pembentukan akhlak melalui sistem pendidikan, Mengenai kenakalan remaja menunjukkan adanya kasus perilaku negatif lainnya. Kebebasan yang berlebihan yang diberikan kepada remaja di sekolah juga menjadi salah satu permasalahan yang mempengaruhi perilaku dan akhlak mereka. Ekstrakurikuler pencak silat adalah pilihan yang tepat untuk memajukan tujuan pendidikan di ranah non akademik. Fokus utama dari aspek mental spiritual ini adalah pada pembentukan sikap dan watak pesilat yang selaras dengan nilai-nilai budi pekerti luhur yang diyakini oleh pencak silat. Dengan penelitian ini, diharapkan dapat membuktikan bahwa ekstrakurikuler pencak silat memiliki peran positif dalam membentuk akhlak siswa melalui kegiatan tersebut. Berdasarkan hal tersebut, maka rumusan masalah dalam penelitian ini: 1. Bagaimana isi program ekstrakurikuler pencak silat dalam pembentukan akhlak siswa SMKN 5 Kabupaten Tangerang? Apakah faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan ekstrakurikuler pencak silat Cakrabuana Muda Indonesia untuk pembentukan akhlak siswa?. Tujuan: 1. Untuk mengetahui isi program ekstrakurikuler pencak silat dalam pembentukan akhlak siswa SMKN 5 Kabupaten Tangerang, dan 2. Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan ekstrakurikuler pencak silat Cakrabuana Muda Indonesia untuk pembentukan akhlak siswa. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan metode deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan jenis penelitian deskriptif dan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan pembentukan akhlak siswa yang dilakukan melalui pembinaan yang terprogram dengan baik seperti kajian agama, mengaji, kajian tradisi seni beladiri, diskusi/Tanya jawab, kepemimpinan, dan persaudaraan. Adapun Faktor pendukung seperti letak strategis, sarana prasarana, dukungan masyarakat, peran pembina dan pelatih, serta persaudaraan di antara siswa, memainkan peran penting dalam membentuk akhlak siswa. Namun, tantangan seperti fluktuasi motivasi siswa, keterbatasan waktu latihan, stigma negatif, dan perbedaan agama perlu diatasi untuk meningkatkan efektivitas program ini.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Ekstrakurikuler, Pencak Silat, Akhlak |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus |
Divisi: | Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam |
User Penyetor: | S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat |
Tanggal Disetorkan: | 17 Okt 2023 02:18 |
Perubahan Terakhir: | 01 Apr 2024 02:11 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13494 |
Actions (login required)
Lihat Item |