Saifani, Shahnaz Salsabila (2023) Analisis Supervisi Akademik Kepala Sekolah sebagai Peningkatan Kinerja Guru di SMPIT La Royba dan SMP Ardaniah. Magister thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
T_ES_192640008_Bab I.pdf Download (401kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
T_ES_192640008_Bab II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (451kB) |
||
Teks
T_ES_192640008_Bab III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (394kB) |
||
Teks
T_ES_192640008_Bab IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (717kB) |
||
|
Teks
T_ES_192640008_Bab V.pdf Download (157kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
T_ES_192640008_Daftar Pustaka.pdf Download (226kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Supervisi akademik diselenggarakan dalam bentuk kegiatan pembinaan, pemantauan dan penilaian kinerja guru untuk membantu guru mengembangkan kemampuannya mengelola proses pembelajaran seperti merencanakan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran dan mengevaluasi hasil belajar agar tercapai tujuan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah 1) Agar dapat mengetahui dan menganalisis supervisi akademik yang dilakukan kepala sekolah kepada para guru di SMPIT La Royba dan SMP Ardaniah Kota Serang, 2) Agar dapat mengetahui dan menganalisis dukungan yang sudah dilakukan kepada guru di SMPIT La Royba dan SMP Ardaniah Kota Serang, 3) Agar dapat mengetahui dan menganalisis hambatan supervisi akademik kepala sekolah terhadap kinerja para guru di SMPIT La Royba dan SMP Ardaniah Kota Serang, 4) Agar dapat mengetahui dan menganalisis tindak lanjut hasil supervisi akademik kepala sekolah sebagai faktor pendukung guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis studi kasus dengan rancangan multikasus. Pengumpulan data melalui observasi, teknik wawancara dan dokumentasi. Sumber data terdiri dari: Kepala Sekolah dan Guru. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Pelaksanaan Supervisi Akademik di SMPIT La Royba dan SMP Ardaniah sudah berjalan dengan baik sesuai dengan ketentuan yang ada. 2) Kepala sekolah SMPIT La Royba dan SMP Ardaniah Kota Serang menerapkan beberapa peraturan dan kegiatan untuk mendukung kinerja guru diantaranya mengirim para guru untuk mengikuti seminar-seminar dan pelatihan pelatihan, mendatangkan para tutor ke sekolah, memberikan kesempatan kepada para guru untuk melanjutkan pendidikannya, menempatkan guru pada proporsi yang sesuai dengan bidangnya, dan mengadakan rapat guru setiap semester untuk mengevaluasi kinerja guru. 3) Pelaksanaan Supervisi Akademik di SMPIT La Royba dan SMP Ardaniah memiliki beberapa hambatan diantaranya Keterbatasan waktu kepala sekolah untuk mensupervisi guru-guru yang jumlahnya sangat banyak, Kurangnya guru senior/sejawat untuk membantu kepala sekolah pada pelaksanaan supervisi akademik, Kurangnya dana dalam RAPBS untuk pelaksanaan supervisi akademik dan Masih ada guru yang tidak memahami tujuan supervisi akademik, sehingga tidak jarang ditemui guru yang mau disupervisi tidak hadir disekolah saat jadwal pelaksanaan supervisi. 4) Tindak lanjut Supervisi akademik yang dilaksanakan oleh kepala sekolah SMPIT La Royba dan SMP Ardaniah kota serang adalah Menyusun laporan tindak lanjut dan Melaksanakan tindak lanjut Supervisi akademik terdiri dari melalui banyak tahapan seperti halnya pembinaan langsung dengan tatap muka maupun daring (dalam jaringan), Kepala sekolah juga memberikan pengarahan lebih maksimal, seperti pemberian contoh, diskusi, pelatihan, dan konsultasi.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Supervisi Akademik Kepala Sekolah, Kinerja Guru |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
User Penyetor: | S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat |
Tanggal Disetorkan: | 06 Okt 2023 08:14 |
Perubahan Terakhir: | 04 Jan 2024 04:01 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13421 |
Actions (login required)
Lihat Item |