Persepsi Guru tentang Kepemimpinan Transformasional Mudir, Iklim Pesantren, Motivasi Mengajar dan Pengaruhnya Terhadap Lembaga Pendidikan Islam

Latar, Bakroni (2023) Persepsi Guru tentang Kepemimpinan Transformasional Mudir, Iklim Pesantren, Motivasi Mengajar dan Pengaruhnya Terhadap Lembaga Pendidikan Islam. Doktoral thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
D_MPI_193680011_Cover.pdf

Download (190kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
D_MPI_193680011_Lampiran Depan.pdf

Download (516kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
D_MPI_193680011_Bab I.pdf

Download (279kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
D_MPI_193680011_Bab II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (712kB)
[img] Teks
D_MPI_193680011_Bab III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (340kB)
[img] Teks
D_MPI_193680011_Bab IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (1MB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
D_MPI_193680011_Bab V.pdf

Download (168kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
D_MPI_193680011_Daftar Pustaka.pdf

Download (540kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Masalah yang berpengaruh terhadap lembaga pendidikan Islam adalah struktur organisasi, yakni kemampuan para pimpinan dalam mengelola lembaganya untuk mencapai visi dan misi secara integratif dan progresif. Namun kenyataannya masih ada para pimpinan lembaga pendidikan Islam yang belum maksimal dalam kepemimpinannya, sehingga lembaga yang dipimpinnya jalan ditempat. Untuk itu perlu diidentifikasi persepsi guru tentang kepemimpinan yang berpengaruh terhadap keefektifan lembaga pendidikan Islam. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan menganalisis persepsi guru tentang kepemimpinan transformasional mudir, iklim pesantren, motivasi mengajar guru dan pengaruhnya baik secara parsial maupun secara simultan terhadap keefektifan lembaga pendidikan Islam. Kerangka pikir dalam penelitian ini adalah apabila para pimpinan lembaga pendidikan Islam menerapkan sistem kepemimpinan transformasional mudir, iklim pesantren dan motivasi mengajar baik secara parsial maupun simultan maka berpengaruh positif terhadap keefektifan lembaga pendidikan yang dipimpinnya.. Penelitian ini menggunakan metode survei. Sebanyak 181 orang guru di pondok pesantren modern Daar El Qolam 3 dan pondok pesantren modern Kulni terlibat sebagai responden dalam penelitian ini. Data-data penelitian dikumpulkan melalui instrumen angket skala Likert dengan lima alternatif pilihan jawaban yang sebelumnya telah divalidasi. Teknik analisis data menggunakan statistik parametrik korelasi bivariat dan uji regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) X1 berpengaruh positif dan signifikan terhadap Y, 2) X2 berpengaruh positif dan signifikan terhadap Y, 3) X3 berpengaruh positif dan signifikan terhadap Y, 4) X1 dan X2 berpengaruh positif dan signifikan terhadap Y, 5) X1 dan X3 berpengaruh positif dan signifikan terhadap Y, 6) X2 dan X3 berpengaruh positif dan signifikan terhadap Y, 7) X3, secara simultan dengan X1 dan X2 tidak berdampak terhadap Y. Penerapan gaya kepemimpinan transformasional mudir, iklim pesantren dan motivasi mengajar dikedua pesantren diatas, mampu mewujudkan lembaga pendidikan yang efektif dan berkualitas.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Doktoral)
Kata Kunci (keywords): Kepemimpinan Transformasional Mudir, Iklim Pondok Pesantren, Motivasi Mengajar Guru, Lembaga Pendidikan Islam
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam
Divisi: Program Doktor > Manajemen Pendidikan Islam
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 03 Okt 2023 03:54
Perubahan Terakhir: 29 Mei 2024 08:11
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13356

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.