Pengembangan Buku Ajar Matematika Materi Pecahan Berbasis Etnomatematika Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas IV B (Research and Development di SDN Pengampelan)

Handayani, Dewi Nurul (2023) Pengembangan Buku Ajar Matematika Materi Pecahan Berbasis Etnomatematika Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas IV B (Research and Development di SDN Pengampelan). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_171240023_Cover.pdf

Download (131kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_171240023_Lampiran Depan.pdf

Download (683kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_171240023_BAB I.pdf

Download (226kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PGMI_171240023_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (358kB)
[img] Teks
S_PGMI_171240023_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (448kB)
[img] Teks
S_PGMI_171240023_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (956kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_171240023_BAB V.pdf

Download (157kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_171240023_Daftar Pustaka.pdf

Download (222kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk 1) Untuk menghasilkan buku ajar matematika siswa kelas IV yang layak dan dapat digunakan sebagai sumber belajar dan penunjang dalam pembelajaran. 2) Untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap buku ajar matematika materi pecahan berbasis etnomatematika kelas IV B. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Research and Development (R&D) dengan menggunakan model 4-D (Four D Models), metode yang digunakan dalam penelitian ini meliputi 4 tahap, yaitu: 1) Pendefinisian 2) Tahap Perancangan 3) Tahap Pengembangan , 4) Tahap Deseminasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV B SDN Pengampelan yang berjumlah 22 siswa. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar penilaian berupa kuesioner yang diberikan kepada 3 (tiga) validator untuk mengukur perkembangan produk, dan test (pilihan ganda) yang diberikan kepada 22 siswa untuk mengukur kelayakan produk buku ajar matematika materi pecahan berbasis etnomatematika. Hasil pengembangan buku ajar materi pecahan berbasis etnomatematika telah diuji validitas yang dilakukan oleh validator ahli media, ahli materi, dan guru kelas IV, berdasarkan uji validasi yang dilakukan validator dinyatakan layak digunakan dengan hasil presentase 85%-94% (Sangat Layak). Uji coba siswa menggunakan pre-test dan post-test. Hasil uji coba post-test menggunakan buku ajar matematika materi pecahan berbasis etnomatematika menunjukkan hasil presentase 82%. Dengan adanya peningkatan ini dapat menunjukkan bahwa buku ajar matematika materi pecahan berbasis etnomatematika layak digunakan.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Buku Ajar, Pecahan, Etnomatematika, Meningkatkan Pemahaman Siswa
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 29 Sep 2023 02:37
Perubahan Terakhir: 29 Sep 2023 02:37
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13333

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.