Kharisma, Intan (2023) Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Role Playing dalam Meningkatkan Motivasi Berorganisasi pada Remaja (Studi di Forum Anak Kabupaten Tangerang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_BKI_191520104_Cover.pdf Download (27kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_BKI_191520104_Lampiran Depan.pdf Download (1MB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_BKI_191520104_BAB I.pdf Download (260kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_BKI_191520104_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (359kB) |
||
Teks
S_BKI_191520104_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (219kB) |
||
Teks
S_BKI_191520104_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (213kB) |
||
|
Teks
S_BKI_191520104_BAB V.pdf Download (19kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_BKI_191520104_Daftar Pustaka.pdf Download (246kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Rendahnya motivasi berorganisasi yang terjadi pada remaja di organisasi forum anak kabupaten Tangerang karena faktor kurangnya kesadaran akan pentingnya mengembangkan potensi diri, sulitnya memecahkan masalah secara kelompok, menunda tugas-tugas di dalam organisasi dan faktor lingkungan yang tidak produktif. Motivasi yang dibangun pada penelitian ini yaitu membangkitkan kesadaran akan perkembangan potensi diri, mengatasi segala tantangan dan hambatan dalam upaya mencari tujuan dalam berorganisasi.Perumusan masalah pada penelitian ini berfokus 1). Bagaimana kondisi motivasi berorganisasi pada remaja di organisasi forum anak Kabupaten Tangerang 2) bagaimana penerapan bimbingan kelompok dengan teknik Role Playing pada remaja di organisasi forum anak kabupaten Tangerang 3). Dan bagaimana hasil dari bimbingan kelompok dengan teknik Role Playing pada remaja di organisasi forum anak kabupaten Tangerang. Metode menggunakan kualitatif deskriptif, dengan menggambarkan subjek dan objek penelitian berdasarkan fakta yang ada. Penulis memilih metode ini karena, permasalahan yang akan diteliti bersifat sosial, alamiah dan dinamis. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian ini adalah 1) Kurangnya kerja sama dalam team. 2) Menyelesaikan masalah secara individu 3) Tidak menerima konsekuensi dari kesalahan 4) Tidak bekerja sama dalam tim 5) Sulit menerima pendapat orang lain 6)Tidak tertarik pada kegiatan organisasi 7) Sulit mengatur waktu. Pelaksanaan penerapan bimbingan kelompok dengan teknik Role Playing dilakukan dalam lima tahap,yaitu: 1) Tahap pemanasan 2) Tahap memilih partisipan 3) Tahap mengatur setting tempat kejadian 3) Tahap menyiapkan observer 4) Tahap Pemeranan 5) Tahap Evaluasi. Hasil penelitian yang diperoleh dalam pelaksanaan bimbingan kelompok dengan teknik Role Playing ini melaksanakan layanan kepada remaja di organisasi Forum Anak. Pelaksanaan layanan yang menangani kondisi rendahnya motivasi remaja dengan memberikan informasi mengenai masalah yang terjadi, melaksanakan tahapan teknik layanan bimbingan kelompok konselor berperan dalam menentukan masalah, mengarahkan konseli menentukan peran, intervensi yang dikembangkan yaitu mendalami peran konseli dalam penanganan topik masalah.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Bimbingan Kelompok, Role Playing, Motivasi |
Subjek: | 100 Filsafat & Psikologi > 150 Psikologi > 158 Terapan Psikologi |
Divisi: | Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam |
User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
Tanggal Disetorkan: | 27 Sep 2023 03:23 |
Perubahan Terakhir: | 04 Apr 2024 03:46 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13325 |
Actions (login required)
Lihat Item |