Inayah, Rukhbatul (2023) Buku Kamus Bahasa Jawa Serang Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Kelas IV SDN Walantaka 1 Kota Serang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PGMI_171240127_Cover.pdf Download (131kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_171240127_Lampiran Depan.pdf Download (746kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_171240127_BAB I.pdf Download (297kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PGMI_171240127_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (328kB) |
||
Teks
S_PGMI_171240127_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (321kB) |
||
Teks
S_PGMI_171240127_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (811kB) |
||
|
Teks
S_PGMI_171240127_BAB V.pdf Download (93kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_171240127_Daftar Pustaka.pdf Download (221kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosedur pengembangan Buku Kamus Bahasa Jawa Serang pada mata pelajaran Bahasa Jawa Serang di kelas IV Sekolah dasar dan untuk mengetahui kelayakan Buku Kamus Bahasa Jawa Serang serta menguji keefektifan media Buku Kamus pada pelajaran Bahasa Jawa Serang. pada kelas IV Sekolah dasar. Penelitian ini dilakukan di SDN Walantaka 1 Kota Serang. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan model pengembangan 4-D (Four-D Models) yang disarankan oleh S. Thiagarajan, Dorothy S.Sammel, dan Melvyn I. Sammel. Model pengembangan 4-D terdiri atas 4 tahap utama yaitu : Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan) dan Disseminate (Penyebaran). Metode dan model ini dipilih karena model pengembangan ini lebih efektif untuk mengembangkan perangkat pembelajaran serta menguji keefektivisan produk tersebut. Pengujian validitas produk meliputi tiga aspek yaitu isi, bahasa, dan konstruksi dengan melibatkan tiga orang validator. Tingkat reliabilitas atau kesepakatan antar penilai (rater) dianalisis dengan menggunakan teknik IRR model presentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil rekapitulasi secara keseluruhan aspek isi, bahasa, dan konstruksi dari ketiga validator memperoleh nilai rerata skor 4,5 sesuai kriteria kelayakan produk, rerata skor secara keseluruhan aspek ini termasuk kategori valid. Selain itu tingkat kesepakatan antar setiap penilai mendapatkan skor 85%. Sesuai kriteria kelayakan produk, skor ini lebih besar dari skor minimal yaitu 80%, maka hal ini menunjukkan bahwa produk layak digunakan. Sehingga media pembelajaran ini berpengaruh terhadap kemampuan berbicara siswa dengan rata-rata hasil uji-t sebesar 4,814 yang lebih besar dari ttabel yaitu 1,753 dan peningkatan rata-rata (gain) sebesar 44,866 sehingga Ha diterima. Simpulan dari penelitian ini adalah Media Buku kamus pada muatan Bahasa Jawa Serang dikatagorikan layak setelah mendapat penilaian validasi dari para validator dan efektif untuk digunakan pada pembelajaran Bahasa Jawa Serang.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Buku Kamus, Bahasa Jawa Serang, Keterampilan Berbicara |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
Tanggal Disetorkan: | 14 Sep 2023 06:51 |
Perubahan Terakhir: | 14 Sep 2023 06:51 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13220 |
Actions (login required)
Lihat Item |