Rohmah, Nadiya Miftakhu (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament Terhadap Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Tafsir (Studi di Pondok Pesantren Daar el-Qolam 3 Tangerang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PAI_191210139_Cover.pdf Download (103kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_191210139_Lampiran Depan.pdf Download (977kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_191210139_BAB I.pdf Download (365kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PAI_191210139_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (243kB) |
||
Teks
S_PAI_191210139_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (343kB) |
||
Teks
S_PAI_191210139_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (602kB) |
||
|
Teks
S_PAI_191210139_BAB V.pdf Download (89kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_191210139_Daftar Pustaka.pdf Download (148kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament jika diterapkan di Pondok Pesantren Daar el-Qolam 3. Untuk mengetahui keaktifan belajar siswa sebelum diterapkan model pembelajaran Teams Games Tournament pada mata pelajaran Tafsir di Pondok Pesantren Daar el-Qolam 3. Untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Teams Games Tournament pada peningkatan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Tafsir di Pondok Pesantren Daar el-Qolam 3. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode penelitian Quasi Eksperiment dan desain penelitian yang digunakan nonequivalent control group design. Adapun teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan adalah angket, observasi dan dokumentasi. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah : Keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Tafsir di Pondok Pesantren Daar el-Qolam 3 sebelum menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament dalam segi fisik dan mental pada proses pembelajaran masih rendah dan masih kurangnya respon siswa untuk menerima stimulus dari guru ketika proses pembelajaran berlangsung. Hal ini ditunjukkan dari skor rata-rata keaktifan belajar siswa pada kelas eksperimen sebesar 80 dan kelas kontrol memiliki skor sebesar 70. Dan terdapat efektivitas model pembelajaran Teams Games Tournament terhadap peningkatan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Tafsir berdasarkan analisis uji-t yaitu uji dua pihak yang menunjukan bahwa terdapat efektivitas model pembelajaran Teams Games Tournament terhadap peningkatan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Tafsir yaitu dengan kriteria pengujian nilai sig. (2-tailed) < 0,05 maka Ha diterima dan H0 ditolak. Dan nilai yang diperoleh ialah sig. 0,000 < 0,05 maka Ha diterima.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Teams Games Tournament, Keaktifan Belajar |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
Tanggal Disetorkan: | 31 Aug 2023 07:41 |
Perubahan Terakhir: | 31 Aug 2023 07:41 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13166 |
Actions (login required)
Lihat Item |