Ningrum, Sekar Atidiah (2015) Dampak Playstation terhadap Kesadaran Beragama di Kalangan Remaja (Studi Kasus di Desa Cijakan Kecamatan Bojong Kabupaten Pandeglang Banten). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
Abstrak skripsi dll.pdf Download (488kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
Bab 1.pdf Download (616kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
Bab II.pdf Download (306kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
BAB III.pdf Download (564kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
BAB IV.pdf Download (303kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
BAB V.pdf Download (10kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
daftar oustaka.pdf Download (185kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Playstation adalah jenis permainan yang diciptakan oleh Ken Kutagari yang berasal dari jepang dan dikeluarkan tahun 1994 oleh perusahaan Sony. Sejak awal munculnya jenis permainan ini sudah diminati oleh semua kalangan dan salah satu peminat terbanyak dari permainan ini adalah para remaja. Namun sejak awal mereka bermain hingga menjadi suatu kebiasaan timbulah beberapa dampak yang ditimbulkan dari playstation seperti dampak pada kesehatannya, sekolahnya dan kesadaran akan beragamanya. Karena itu, penulis ingin meneliti dampak apa yang ditimbulkan oleh playstation tetapi lebih mengkhususkan pada kesadaran beragama di kalangan remaja di Desa Cijakan. Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana perilaku remaja di Desa Cijakan?,2) Bagaimana dampak positif dan negatif playstation terhadap kesadaran beragama remaja di DesaCijakan?, 3) Bagaimana upaya masyarakat mengurangi dampak negatif playstation pada remaja di Desa Cijakan?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Perilaku remaja di DesaCijakan, 2)Dampak positif dan dampak negatif playstation terhadap kesadaran beragama remaja di Desa Cijakan, 3) Upaya masyarakat mengurangi dampak negatif playstation pada remaja di Desa Cijakan. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian kualitatif dengan desain analisis deskriptif yaitu dengan menggambarkan subjek dan objek penelitian berdasarkan fakta yang ada. Sedangkan pengumpulan datanya dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa :kondisi remaja di desa cijakan sifatnya berkelompok dan cenderung memiliki beberapa masalah di lingkungan desa cijakan. Dampak positif dari playstation memang ada tetapi hanya pada aspek pengetahuan saja tidak ditemukan dampak positif yang berkaitan dengan kesadaran beragama remaja dan dampak negatif dari playstation terhadap kesadaran beragama adalah kesadaran akan beribadah yaitu shalat 5 waktu, mengaji dan kurangnya partisipasi pada kegiatan keagamaan di desa cijakan. Upaya masyarakat mengurangi dampak playstation di kalangan remaja di dari lingkungan keluarga dituntut untuk lebih membatasi dan mengawasi pergaulan sang anak. Dan selalu arahkan kepada hal-hal yang positif. Dari lingkungan masyarakat untuk menegur pemilik playstation untuk lebih memanajemen waktu penyewaan playstation.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Media Komunikasi, Psikologi Komunikasi |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 302 Interaksi sosial |
Divisi: | Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam |
User Penyetor: | S.IPI Tsulatsiah Andi |
Tanggal Disetorkan: | 03 Mar 2017 03:01 |
Perubahan Terakhir: | 26 Mar 2024 03:49 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/131 |
Actions (login required)
Lihat Item |