Hikmawati, Intan (2023) Pengembangan Media Congklak Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Pada Materi KPK (R&D di Kelas IV SDN pecakur). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PGMI_171240121_Cover.pdf Download (118kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_171240121_Lampiran Depan.pdf Download (1MB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_171240121_BAB I.pdf Download (119kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PGMI_171240121_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (232kB) |
||
Teks
S_PGMI_171240121_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (163kB) |
||
Teks
S_PGMI_171240121_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (274kB) |
||
|
Teks
S_PGMI_171240121_BAB V.pdf Download (89kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_171240121_Daftar Pustaka.pdf Download (148kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas sebuah media congklak untuk meningkatkan kemampuan berhitung siswa pada materi KPK yang dilaksanakan di kelas IV SDN pecakur. Penelitian pengembangan atau (R&D) ini menggunakan 4 model pengembangan yang disingkat menjadi 4D yaitu Define (pendefinisian ), Design (perancangan), Develop (pengembangan), dan Disseminate (penyebaran). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa observasi, wawancara, dan angket. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Dengan sampel 22 siswa kelas IV SDN Pecakur. Hasil validasi dari ahli media memperoleh skor 4,89 dengan kategori “sangat baik”. Pada validasi ahli materi memperoleh skor 5,00 dengan kategori “sangat baik”. Sehingga keseluruhan dari dua aspek tersebut memperoleh skor 4,94 dengan kategori “sangat baik”. Dengan begitu produk media congklak sudah layak untuk digunakan. Sementara hasil uji coba lapangan menunjukkan bahwa siswa dalam pembelajaran mengalami peningkatan khususnya dalam kemampuan berhitung setelah menggunakan media congklak. Dari hasil uji coba sebelum menggunakan produk media congklak yaitu 42.5, setelah menggunakan produk media congklak memperoleh skor 85.9 dengan kategori “efektif”.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Media Congklak, Kemampuan Berhitung, Materi KPK |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
Tanggal Disetorkan: | 21 Aug 2023 08:28 |
Perubahan Terakhir: | 21 Aug 2023 08:28 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13059 |
Actions (login required)
Lihat Item |