Khopifah, Nur Asih (2023) Pengembangan LKPDMateri Rangkaian Listrik Sederhana Berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Kelas VI SD/MI. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PGMI_191240098_Cover.pdf Download (54kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_191240098_Lampiran Depan.pdf Download (548kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_191240098_BAB I.pdf Download (248kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PGMI_191240098_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (295kB) |
||
Teks
S_PGMI_191240098_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (456kB) |
||
Teks
S_PGMI_191240098_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (1MB) |
||
|
Teks
S_PGMI_191240098_BAB V.pdf Download (82kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_191240098_Daftar Pustaka.pdf Download (145kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD materi rangkaian listrik sederhana berbasis HOTS, untuk mengetahui kelayakan LKPD materi rangkaian listrik sederhana dan untuk mengetahui keefektifan LKPD materi rangkaian listrik sederhana berbasis HOTS untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Cilangkahan. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) dan menggunakan model pengembangan 4-D menurut teoriThiagarajan yang terdiri dari 4 tahapyaitu pendefinisian (Define), perancangan (Desgin), pengembangan (Develop) dan penyebaran (Disseminate). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Cilangkahan yang berjumlah 13 siswa. Instrumen yang digunakan meliputi angket ahli media, ahlimateri dan ahli bahasa sedangkan instrumen tes berupa soal essay digunakan untukmengukur keefektifan LKPD berbasis HOTS yang diberikan kepada siswa kelas VI yang berjumlah 13 orang siswa. Produk yang dikembangkan berupa LKPD berbasis HOTS pada materi rangkaian listrik sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas LKPD berbasis HOTS dari seluruh komponen validasi tim ahli termasuk kategori valid dengan skor penilaian seluruh validator yaitu 91% dengan kategori “sangat baik”. Hasil pretest memperoleh skor rata-rata58,4 dengan presentase ketuntasan hasil belajarsiswa sebesar 23%. Sedangkan hasil posttest memperoleh skor rata-rata 74,2 dengan presentase ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 84,6% atau 11 siswa dari jumlah 13 siswa yang mencapai nilai di atas KKM. Hasil analisis data dengan menggunakan Uji N-Gain dengan rata-rata nilai akhir mencapai 0,40. Sehingga dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis HOTS dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Lembar Kerja Peserta Didik, Higher Order Thinking Skill, Berpikir Kritis |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 372 Dasar Pendidikan |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
Tanggal Disetorkan: | 21 Aug 2023 07:51 |
Perubahan Terakhir: | 21 Aug 2023 07:51 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13057 |
Actions (login required)
Lihat Item |