Pola Komunikasi Santri di Lingkungan Pondok Pesantren (Studi Kasus: Pondok Pesantren Daar El-Qolam)

Rahma, Annisa (2016) Pola Komunikasi Santri di Lingkungan Pondok Pesantren (Studi Kasus: Pondok Pesantren Daar El-Qolam). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (682kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB 1.pdf

Download (363kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB 2.pdf

Download (376kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB 3.pdf

Download (297kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB 4.pdf

Download (457kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB 5.pdf

Download (92kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (293kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Komunikasi merupakan proses saling berbagi informasi antar manusia. Interaksi atau hubungan timbal balik satu sama lain adalah kebutuhan yang hakiki bagi manusia, karena pada dasarnya manusia adalah makhluk sosial. Tanpa komunikasi maka tidak akan tercapai secara maksimal dalam mendapatkan sebuah hasil yang diinginkan, tetapi untuk mencapai hal tersebut tidak boleh melakukan komunikasi secara sembarang diperlukan pola komunikasi yang tepat sebagai penyokong kebutuhan penyampaian pesan oleh seorang. Oleh karena itu penulis berusaha meneliti pola komunikasi antara santri dengan santri, Kyai, dan Ustadz/Ustadzah sebagai pola komunikasi santri di lingkungan pondok pesantren. Maka dari itu penulis merumuskan bagaimana pola komunikasi santri dengan santri di lingkungan pesantren, santri dengan Ustadz di kelas, santri dengan Kyai di Gedung Pertemuan dalam pelaksanaan kegiatan di Lingkungan Pondok Pesantren Daar El-Qolam. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah metode analisis deskriptif yaitu cara melaporkan data dengan menerangkan menggambarkan dan mengklasifikasikan data yang telah terkumpul kemudian disimpulkan. Untuk mengecek keabsahan data yang diperoleh, peneliti menggunakan teknik triangulasi. Pondok Pesantren Daar El-Qolam menyelenggarakan kegiatan belajar dimulai pada 20 Januari 1968 M. Terdapat beberapa program kegiatan di Pondok Pesantren Daar El-Qolam yang disediakan untuk mengakrabkan santri dengan Ustadz dan Kyai di pesantren seperti: Muhaddatsah, Muhadloroh, Perpindahan Kamar, Belajar Formal di Kelas, Muwajjahah, Kumpul bulanan dengan Kyai, Pengkajian kitab kuning, dll. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa Kyai, Ustadz, dan santri memiliki pengaruh yang besar dalam terselenggaranya kegiatan belajar mengajar di pondok pesantren ini, penyampaian komunikasi dilakukan dengan menggunakan beberapa pola seperti pola komunikasi antarpribadi pola komunikasi kelompok dan komunikasi instruksional. Communication is the process of sharing information between people. Interaction or reciprocal relationship with each other is essential to human needs, because basically humans are social creatures. Without communication there will not be achieved to the fullest in getting a desired outcome, but to achieve this should not be necessary to communicate in any appropriate communication patterns underpinning the messaging needs by one. Therefore, the authors tried to examine patterns of communication between students with students, Kyai, and Ustadz/Ustadzah as patterns of communication students at the boarding school environment. Thus the authors formulate how the communication patterns of students with students in boarding schools, students with Ustadz in class, students with Kyai in Meeting Hall in the implementation of the Environment Pondok Pesantren Daar El-Qolam. This research is a field research using qualitative approach. The data collection is done by observation, interview and documentation. Analysis of the data used is descriptive analysis method is explained how to report the data to describe and classify the data that has been collected and summarized. To check the validity of the data obtained, the researcher uses triangulation techniques. Pondok Pesantren Daar El-Qolam organizing learning activities began on January 20, 1968 M. There are several program activities in Pondok Pesantren Daar El-Qolam provided to familiarize students with Ustadz and Kyai in pesantren like: Muhaddatsah, Muhadloroh, Displacement Room, Formal Learning in class, Muwajjahah, Gather monthly by Kyai Assessment yellow books, etc. Results of research conducted shows that Kyai, Ustadz, and the Students had a great influence in the implementation of teaching and learning activities in this pesantren, the delivery of communication is done by using several patterns as patterns of interpersonal communication and group communication patterns instructional communication.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Komunikasi, Sosiologi Komuniaksi
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 302 Interaksi sosial
Divisi: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
User Penyetor: S.IPI Tsulatsiah Andi
Tanggal Disetorkan: 09 Mar 2017 12:27
Perubahan Terakhir: 25 Mar 2024 07:28
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/130

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.