Yuliansa, Rita (2017) Metode Presentasi dan Kemampuan Komunikasi Kelompok Siswa (Study Kasus di SMA Negeri 1 Balaraja Kab. Tangerang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks (COVER)
Cover.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (55kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB I)
BAB 1.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (188kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB II)
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (328kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB III)
BAB III.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (213kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB V)
BAB V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (12kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (10kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Para pendidik memandang komunikasi kelompok sebagai metode pendidikan yang efektif. Ditinjau dari prosesnya, pendidikan adalah komunikasi dalam arti kata bahwa dalam proses tersebut terlibat dua komponen yang terdiri atas manusia, yakni pengajaran sebagai komunikator dan pelajar sebagai komunikan. Perbedaan antara komunikasi dengan pendidikan terletak pada tujuannya atau efek yang diharapkan. Pada umumnya pendidikan berlangsung secara berencana di dalam kelas secara tatap muka (face to face). Karena kelompoknya relatif kecil, meskipun komunikasi antara pengajar dan pelajar dalam ruang kelas itu termasuk komunikasi kelompok (group communication), sang pengajar sewaktu-waktu dapat mengubahnya menjadi komuniaksi antarpersonal. Terjadinya komunikasi dua arah atau dialog di mana si pelajar menjadi komunikan dan komunikator, demikian pula sang pengajar. Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1). Bagaimana Metode penyampaian presentasi SMA Negeri 1 Balaraja Kab. Tangerang dalam melaksanakan program presentasi?. 2). Bagaimana Efektifitas komunikasi kelompok siswa dalam presentasi?. 3). Apa Pengaruh metode presentasi dalam komunikasi kelompok siswa di dalam kelas?. Tujuan penelitian berdasarkan rumusan masalah tersebut adalah: 1). Untuk mengetahui Metode penyampaian presentasi SMA Negeri 1 Balaraja Kab. Tangerang dalam melaksanakan program presentasi, 2). Untuk mengetahui Efektifitas komunikasi kelompok siswa dalam presentasi, 3). Untuk mengetahui Pengaruh metode presentasi dalam komunikasi kelompok siswa di dalam kelas. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode kualitatif yang artinya penelitian yang ingin mencari makna kontekstual secara menyeluruh (holistik) berdasarkan fakta-fakta (tindakan, ucapan, sikap, dsb) yang ada dilapangan. Sedangkan teknik pengumpulan datanya dengan menggunakan Field Research, penelitian lapangan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Komunikasi kelompok siswa dalam presentasi terbukti efektif, mampu menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru dan mempertanggung jawabkannya didepan kelas melalui presentasi. serta memberikan pengaruh yang positif kepada diri siswa masing-masinng.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Metode Presentasi, Kemampuan Komunikasi, Siswa |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 380 Commerce, komunikasi & transportasi > 383 Postal communication |
Divisi: | Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam |
User Penyetor: | S.IIP AINUN NAJAH |
Tanggal Disetorkan: | 16 Aug 2017 04:29 |
Perubahan Terakhir: | 29 Apr 2024 07:04 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/1298 |
Actions (login required)
Lihat Item |