Strategi Pembelajaran Guru Pendidikan Agama Islam pada Masa Pandemi Covid-19

Roji, Fahru (2023) Strategi Pembelajaran Guru Pendidikan Agama Islam pada Masa Pandemi Covid-19. Magister thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
T_EIS_192610011_Cover.pdf

Download (195kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
T_EIS_192610011_Lampiran Depan.pdf

Download (1MB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
T_EIS_192610011_Bab I.pdf

Download (632kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
T_EIS_192610011_Bab II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (786kB)
[img] Teks
T_EIS_192610011_Bab III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (426kB)
[img] Teks
T_EIS_192610011_Bab IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (763kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
T_EIS_192610011_Bab V.pdf

Download (205kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
T_EIS_192610011_Daftar Pustaka.pdf

Download (505kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Strategi Pembelajaran Guru Pendidikan Agama Islam pada Masa Pandemi Covid-19 sangat begitu penting, karena strategi merupakan dasar untuk dapat terlaksananya proses pembelajaran, sehingga dibutuhkan kemampuan guru untuk dapat menentukan jenis strategi pembelajaran yang digunakan pada masa pandemi. Oleh Karen itu, peneliti tertarik dengan mengangkat fokus masalah penelitian ini adalah : (1) Bagaimana strategi pembelajaran guru PAI pada masa pandemi covid-19. (2) Apa yang menjadi faktor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran di masa pandemi covid-19. (3) Bagaimana penerapan pembelajaran di masa pandemi covid-19. Tujuan penelitian ini adalah : (1) Strategi pembelajaran guru PAI yang digunakan pada masa pandemi covid-19. (2) Mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pembelejaran di masa pandemi covid-19. (3). Pelaksanaan pembelajaran di masa pandemi covid-19. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan mengambil penelitian pada Guru PAI Non PNS Kabupaten Pandeglang. Informan dalam penelitian ini adalah guru PAI dan siswa, yang didukung oleh narasumber yang kompeten dibidangnya, seperti Wakil Kepala Bidang Kurikulum, Kepala Sekolah, Pengawas SMP dan SMA, Ketua Pokjawas, Wakil Ketua Dewan Pendidikan, Dosen, dan Tenaga Kesehatan atau Tim Satgas Covid-19. Hasil penelitian sebagai berikut : Strategi Pembelajaran Guru Pendidikan Agama Islam pada Masa Pandemi Covid-19, dalam hal ini guru PAI sebagai pendidik dan pembimbing dalam proses pembelajaran, mampu memberikan pembelajaran dengan cara menggunakan sistem pembelajaran kombinasi (blended learning) antara pembelajaran dalam jaringan dan luar jaringan, dengan menggunakan strategi pembelajaran yang disesuaikan dengan situasi dan kondisi pada masa pandemi covid-19, seperti strategi pembelajaran ekspositori, strategi pembelajaran inkuiri, strategi pembelajaran berbasis masalah, dan strategi pembelajaran mandiri. Faktor pendukung yang dihadapi oleh guru PAI adalah adanya fasilitas yang disediakan oleh pihak sekolah, seperti jaringan internet dan pemanfaatan lab komputer sekolah, dan adanya bantuan kuota internet dari pemerintah baik untuk guru maupun siswa. Faktor penghambat yang dihadapi oleh guru adalah jaringan internet yang tidak stabil, khususnya di beberapa wilayah tempat tinggal siswa, paket data atau kuota internet siswa yang tidak memadai dan fasilitas media siswa seperti tidak memiliki laptop dan alat teknologi lainnya atau alat teknologi yang ada tidak memadai.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister)
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 10 Aug 2023 03:20
Perubahan Terakhir: 10 Aug 2023 03:21
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12932

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.