Manajemen Perubahan Sistem Pendidikan Pondok Pesantren Salafiyah di Era Revolusi Industri 4.0, Pada Pondok Pesantren Tamamut Tijaniyah, Ciomas Serang-Banten

Nirma, Dede (2023) Manajemen Perubahan Sistem Pendidikan Pondok Pesantren Salafiyah di Era Revolusi Industri 4.0, Pada Pondok Pesantren Tamamut Tijaniyah, Ciomas Serang-Banten. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_MPI_191250016_Cover.pdf

Download (259kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_MPI_191250016_Lampiran Depan.pdf

Download (1MB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_MPI_191250016_BAB I.pdf

Download (371kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_MPI_191250016_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (574kB)
[img] Teks
S_MPI_191250016_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (293kB)
[img] Teks
S_MPI_191250016_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (502kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_MPI_191250016_BAB V.pdf

Download (215kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_MPI_191250016_Daftar Pustaka.pdf

Download (238kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: Pertama Perencanaan, Kedua Pelaksanaan, Ketiga Masalah Manajemen Perubahan, Keempat Cara mengatasi masalah dan Kelima Hasil dalam manajemen perubahan sistem pendidikan di pondok pesantren Tamamut Tijaniyah pada Era Revolusi Industri 4.0. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan Teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian mendapati: Perencanaan Manajemen Perubahan Sistem Pendidikan telah di tetapkan sejak pimpinan kedua dengan sistem pesantren kombinasi antara unsur tradisional dan modern, Pelaksanaan Manajemen Perubahan sistem pendidikan Pondok pesantren ini mempertahankan unsur-unsur tradisional dan menambahkan unsur pesantren modern, Masalah dalam perubahan sistem pendidikan pesantren pada Era Revolusi Indsutri 4.0 adalah: Minimnya Sarana Prasarana Teknologi, Kurangnya SDM, Rendahnya minat santri terhadap Ilmu Pengetahuan Umum, Berkurangnya waktu sorogan & waktu ngaji kitab kuning, Guru atau pengajar yang belum menguasai penggunaan Teknologi, Cara mengatasi masalah diatas yakni dengan meminjam alat-alat teknologi yang dibutuhkan ke sekolah pusat, guru/ustadz dari dalam pesantren menggantikan mata pelajaran yang kosong, memberikan pelajaran dengan semenarik mungkin, memindahkan jadwal sorogan al-qur’an setiap ba’da dzuhur dan ba’da maghrib, dan pesantren memasukan pelajaran kitab kuning ke dalam pelajaran sekolah, serta pimpinan merekrut guru ahli computer. Hasil perubahan yakni: Perubahan Kurikulum, Perubahan Struktur Organisasi, Perubahan Teknologi, Perubahan Tata Fisik Berupa Sarana dan Prasarana.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Manajemen Perubahan, Sistem Pendidikan Pondok Pesantren Salafiyah, Unsur-unsur pesantren, Era Revolusi Industri 4.0, Digitalisasi
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan non formal, masukkan disini pesantren
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 09 Aug 2023 04:03
Perubahan Terakhir: 09 Aug 2023 04:03
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12901

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.