Mailinda, Vera (2023) Implementasi Manajemen Sarana dan Prasarana dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MTs Negeri 2 Kota Serang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_MPI_191250025_Cover.pdf Download (23kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_MPI_191250025_Lampiran Depan.pdf Download (1MB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_MPI_191250025_BAB I.pdf Download (233kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_MPI_191250025_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (882kB) |
||
Teks
S_MPI_191250025_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (261kB) |
||
Teks
S_MPI_191250025_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (441kB) |
||
|
Teks
S_MPI_191250025_BAB V.pdf Download (205kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_MPI_191250025_Daftar Pustaka.pdf Download (195kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Sarana prasarana merupakan bagian penting dalam sebuah pendidikan guna menunjang proses belajar mengajar. Salah satu faktor keberhasilan itu adalah kelengkapan sarana dan prasarana pendidikan dan merupakan salah satu faktor penting untuk meningkatkan mutu pendidikan. Oleh karena itu diharapkan agar semua madrasah mengelola sarana dan prasarana pendidikan yang baik yang sesuai dengan standar yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Dengan adanya manajemen sarana dan prasarana yang baik, maka semua fasilitas pendidikan selalu dalam kondisi siap paai pada saat dibutuhkan, sehingga proses belajar berjalan dengan baik. Penelitian ini bertujuan : 1) untuk menganalisis perencanaan manajemen sarana dan prasarana di MTs Negeri 2 Kota serang; 2) untuk menganalisis pelaksanaan manajemen sarana dan prasarana di MTs negeri 2 Kota serang; 3) untuk menganalisis mutu pendidikan di MTs Negeri 2 kota serang; 4) untuk menganalisis faktor penghambat dalam implementasi manajemen sarana dan prasarana di MTs Negeri 2 kota serang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif yang menggambarkan objek penelitian secara verbal melalui data yang telah terkumpul dengan mengamati fenomena-fenomena yang terjadi, serta mengadakan wawancara/tanya jawab untuk mendapatkan informasi - informasi yang berkaitan dengan masalah yang diteliti dengan pihak -pihak yang kompeten dengan observasi, wawancara dan dokumentasi kemudian diolah dengan hasil olah pikir yang logis baru kemudian disajikan dalam bentuk tulisan baku. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa : manajemen sarana dan prasarana pendidikan diMTsNegeri 2 kota serang yang meliputi perencanaan, pelaksanaan(pengadaan, invetarisasi, pemeliharaan, penyimpanan dan penghapusan), langkah- langah dalam perencanaan meliputi analisis kebutuhan, dana, penetapan skala prioritas dan penyusunan rencana pengadaan. Kendala yang dihadapi antara lain berkaitan dengan pembiayaan dan kesadaran siswa untuk merawat sarana dan prasarana yang ada. Dengan adanya manajemen sarana dan prasarana maka Mutu pendidikan dapat dilihat dari proses perencanaan pembelajaran,dimana perencanaan pembelajaran menyiapkan perangkat pembelajaran akan menghasilkan lulusan yang baik.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Manajemen, sarana dan prasarana, Mutu pendidikan |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
Tanggal Disetorkan: | 08 Aug 2023 08:27 |
Perubahan Terakhir: | 08 Aug 2023 08:27 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12891 |
Actions (login required)
Lihat Item |