Farida, Farida (2023) Pengembangan Media Kartu Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Dengan Disleksia (R&D di Kelas 1 dan 2 Sekolah Wildan Kota Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PGMI_171240047_Cover.pdf Download (21kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_171240047_Lampiran Depan.pdf Download (798kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_171240047_BAB I.pdf Download (174kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PGMI_171240047_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (293kB) |
||
Teks
S_PGMI_171240047_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (479kB) |
||
Teks
S_PGMI_171240047_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (2MB) |
||
|
Teks
S_PGMI_171240047_BAB V.pdf Download (195kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_171240047_Daftar Pustaka.pdf Download (149kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media kartu yang diuji pada ke 2 peserta didik kelas 1 dan 2 Sekolah Wildan Kota Serang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan / R & D dari model pengembangan S. Thiagarajana. Pengembangan 4 – D memiliki 4 tahapan yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan uji coba (disseminate). Media yang dikembangkan divalidasi oleh para ahli sebelum melakukan uji coba awal terhadap peserta didik. Data yang dikumpulkan menggunakan angket validasi, observasi, wawancara singkat dan dokumentasi. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil validasi ahli mendapatkan rata – rata skor 4,85 artinya rata – rata skor total termasuk valid, pada pengujian I mendapatkan IRR 76% yang berarti produk belum dinyatakan layak kemudian setelah melakukan revisi produk sesuai dengan saran para ahli dilakukan pengujian II dan mendapatkan IRR 100% yang berarti produk sudah layak digunakan dan telah memenuhi target skor minimum yaitu 80%, serta hasil uji efektivitas kedua anak yang mengalami disleksia pada tahap pretest AZ mendapatkan skor 53,8 dan pada tahap posttest AZ mendapatkan skor 100 sedangkan GD pada pretest mendapatkan skor 34.6 dan tahap posttest mendapatkan skor 98.0 maka hasil rata – rata memiliki nilai gain 0.9 yang berarti keefektifan tinggi. Dari hasil diatas dapat disimpulkan bahwa media kartu mampu mengatasi kesulitan membedakan huruf alfabet pada anak disleksia secara faktual.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Media Kartu, Kemampuan Membaca dan Anak Disleksia |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
Tanggal Disetorkan: | 01 Aug 2023 03:52 |
Perubahan Terakhir: | 01 Aug 2023 03:52 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12756 |
Actions (login required)
Lihat Item |